TRIBUNPAREPARE.COM, PAREPAREWali Kota Parepare, Taufan Pawe menceritakan pembangunan infrastruktur di wilayahnya terinspirasi dari cinta Habibie-Ainun.
Hal tersebut disampaikan Taufan Pawe dalam sambutannya di acara mengenang 1.000 hari wafat dan peluncuran buku BJ Habibie Dalam Kenangan, di Gedung Perpustakaan Nasional, Jakarta, Sabtu (25/6/2022).
Dalam acara tersebut dihadiri sejumlah tokoh nasional Akbar Tandjung, Aburizal Bakrie, Boediono, Sri Mulyani dan masih banyak tokoh-tokoh nasional lainnya.
Taufan Pawe memebeberkan, bagaimana dirinya saat menemui almarhum BJ Habibie semasa hidupnya.
Dalam setiap kesempatan Taufan Pawe selalu menyampaikan, akan membangun berbagai inovasi sebagai bukti bahwa Parepare adalah kota kelahiran BJ Habibie.
Dalam diskusi keduanya dikisahkan Taufan Pawe, guru besar engineering itu menyarankan Wali Kota Parepare tidak membangun patung karena itu identik dengan penyembahan.
“Jadi beliau mengatakan monumen cinta sejati. Alhamdulillah beliau tergerak memberi motivasi dan akhirnya 2015, saya bisa wujudkan cinta sejati Habibie-Ainun, dan beliau sendiri hadir di kota Parepare, kota kelahirannya,” katanya dalam rilis, Sabtu (25/6/2022).
Setelah berhasil bangun monumen cinta sejati, Taufan Pawe terinspirasi untuk menghadirkan gedung balai Ainun-Habibie di Kota Parepare.
“Saya terinspirasi juga menghadirkan balai Ainun Habibie. Beliau juga koreksi Taufan kamu salah dimana-mana dikenal dengan balai Kartini, kenapa kamu balai Ainun. Saya sampaikan kepada beliau izin bapak bukankah ibu Ainun adalah ibu Kartini modern untuk kita semua,” ujarnya Taufan Pawe disambut tepuk tangan dari seluruh hadirin.
“Ada kesan yang diberikan kepada saya. Taufan itu balai Ainun kalau berdiri dan berfungsi, satu yang saya minta jangan sampai kegiatan didalam gedung itu tidak terkait dengan pemberdayaan perempuan,” tambah Ketua DPD I Golkar Sulsel itu.

source