Dekan Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia (FKUI), Prof. Dr. dr. Ari Fahrial Syam, SpPD-KGEH, MMB menerima kunjungan Kepala Organisasi Riset Kesehatan Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN), Prof. Dr. Drh. NLP Indi Dharmayanti, M.Si beserta rombongan pada Selasa 24 Mei 2022 pukul 09.00 WIB di Ruang Senat Akademik Fakultas (SAF) FKUI Salemba. Kunjungan dari BRIN tersebut dalam rangka audiensi penjajakan kerja sama riset dalam bidang kesehatan.
Turut serta dalam rombongan BRIN, Plt. Kepala Pusat Riset Biomedis, Dr. Sunarno, M.Si.Med; Plt. Kepala Pusat Riset Kedokteran Preklinis dan Klinis, Dr. dr. Harimat Hendrawan, M.Kes; Plt. Kepala Pusat Riset Bahan Baku Obat dan Obat Tradisonal, Prof. Dr. Ir. Yuli Widiyastuti, Mp; Plt. Kepala Pusat Riset Vaksin dan Obat, Dr. Masteria Yunovilsa Putra; Pbt. Kepala Pusat Riset Biologi Molekuler Eijkman, Sandi Sufiandi, ST; Pbt. Kepala Pusat Riset Veteriner, Drh. Harimurti Nuradji, Ph.D.
Pada pertemuan tersebut Dekan didampingi oleh Wakil Dekan FKUI Bidang Sumber Daya, Ventura, dan Administrasi Umum, dr. Anis Karuniawati, PhD, SpMK(K); Sekretaris Pimpinan Fakultas, Dr. dr. Yuli Budiningsih, SpFM(K); Manajer Riset dan Pengabdian Masyarakat, Dr. dr. Rahyussalim, SpOT, K-Spine; Para Ketua Prodi S2 dan S3 FKUI, dan para Ketua Departemen Preklinik di lingkungan FKUI.

Dalam pertemuan ini dibahas berbagai hal mengenai kerja sama yang dapat dilakukan antara FKUI dengan BRIN seperti, bantuan pendanaan studi berbasis riset untuk mahasiswa jenjang Sarjana (S1) hingga Doktor (S3), penerimaan mahasiswa magister dan doktor melalui jalur riset, penelitian Whole Genome Sequencing (WGS), dan kerja sama riset lain yang sejalan dengan road map riset di FKUI saat ini. Adanya kerja sama yang menjadi fokus penelitian FKUI ini juga dilakukan guna mendukung tercapainya visi dan misi Prioritas Riset Nasional 2020-2024 berupa “Indonesia Berdaya Saing dan Berdaulat Berbasis Iptek” dan “Terciptanya masyarakat Indonesia yang inovatif berbasis ilmu pengetahuan dan teknologi” maupun “Terciptanya keunggulan kompetitif bangsa secara global berbasis riset”. Riset-riset ini juga dilakukan guna mendukung konsep pembangunan berkelanjutan atau Sustainable Development Goals (SDGs) dalam sektor kesehatan.
FKUI dalam menjalankan fungsinya dalam pelaksanaan tri dharma perguruan tinggi selalu menjunjung tinggi dan berusaha berperan aktif dalam mengembangkan penelitian guna menghasilkan sumbangsih berupa inovasi-inovasi, terutama dalam bidang kesehatan, dan mengembangkan ilmu pengetahuan di Indonesia. Adanya kolaborasi dan kerjasama seluruh staf departemen, peserta didik, klaster-klaster dan grup riset. Kegiatan pengabdian masyarakat FKUI juga terus dilakukan berdasarkan pengkajian kebutuhan masyarakat yang juga berbasis penelitian. Melalui kolaborasi ini telah berlangsung banyak riset, pengabdian masyarakat, dan inovasi yang bertujuan untuk meningkatkan pelayanan kesehatan di masyarakat.
Pengembangan riset transdisipliner yang berbasis klaster dan bekerjasama dengan fakultas di Rumpun Ilmu Kesehatan dan fakultas-fakultas lain di UI, pemerintah daerah, serta pihak manufaktur industri sebagai mitra diharapkan dapat mendukung terselenggaranya misi FKUI dalam pengembangan Academic Health System, penyelenggaraan pendidikan kedokteran berbasis riset, dan pelaksanaan penelitian bertaraf internasional di lingkungan FKUI. Selain itu, pelaksanaan pengabdian masyarakat juga ikut digalakkan oleh FKUI guna menunjang fungsi tri dharma perguruan tinggi yang mengacu pada isu pemberdayaan. Lima prioritas terkait pengabdian masyarakat di FKUI ini meliputi adanya pemberdayaan masyarakat, pemberdayaan kader dan tenaga kesehatan, pemanfaatan teknologi, pencegahan penyakit menular dan tidak menular, pencegahan dan tanggap bencana.
Usai pertemuan rombongan BRIN dengan didampingi Direktur IMERI FKUI, Prof. Dr. dr. Badriul Hegar, SpA(K) melakukan kunjungan ke fasilitas klaster yang ada di IMERI FKUI, yaitu Klaster iMuseum IMERI FKUI dan Klaster Stem Cell and Tissue Enginering.
(Humas FKUI)
june, 2022

© Fakultas Kedokteran – Universitas Indonesia
We usually reply with 24 hours except for weekends. All emails are kept confidential and we do not span in any ways.
Enter a Name
Enter a valid Email
Message cannot be empty

source