Lupa Kata Sandi? Klik di Sini
atau Masuk melalui
Belum Memiliki Akun Daftar di Sini
atau Daftar melalui
Sudah Memiliki Akun Masuk di Sini
Konfirmasi Email
Kami telah mengirimkan link aktivasi melalui email ke rudihamdani@gmail.com.
Klik link aktivasi dan dapatkan akses membaca 2 artikel gratis non Laput di koran dan Majalah Tempo
Jika Anda tidak menerima email,
Kirimkan Lagi Sekarang
Masukan alamat email Anda, untuk mereset password
Konfirmasi Email
Kami telah mengirimkan link reset password melalui email ke rudihamdani@gmail.com.
Apakah Anda yakin akan menghapus berita?
Jenis Kelamin
Status
TEMPO.CO, Jakarta – Banjir rob menerjang kawasan pesisir Jawa Tengah pada Senin, 23 Mei 2022. Rob setinggi hingga 2 meter itu bahkan melumpuhkan Pelabuhan Tanjung Emas Semarang.
Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo meminta pemerintah daerah di kawasan pesisir menyiapkan posko darurat lengkap untuk penanganan dampak banjir rob.
“Seluruh pantura sekarang lagi kami minta koordinasi untuk stand by khususnya yang di Kota Semarang, di Demak, terus di Pati, juga ada lalu di Pekalongan,” kata Ganjar saat mengecek penanganan banjir rob di Semarang, Senin.
Posko darurat lengkap yang dimaksud Ganjar adalah terdiri dari sektor kesehatan, kebencanaan hingga dapur umum sebab ada laporan warga yang tak bisa mengevakuasi keluarganya karena banjir rob.
“Kita minta untuk memberikan laporan-laporan, jadi yang sampai ke saya langsung saya bagikan dan mereka diteleponi kita minta untuk diturunkan tim ya agar tim rescue-nya bisa cepat dievakuasi,” ujarnya.
Orang nomor satu di Jateng itu menyebut banjir rob terjadi akibat anomali cuaca dan BMKG terus memperbarui informasi terkini mengenai cuaca sehingga meminta masyarakat terus memantau perkembangannya.
“Perkiraan masih akan berlangsung, mudah-mudahan kita bisa menyiapkan karena memang cukup tinggi dari lautnya naik cukup tinggi,” katanya.
Menurut Ganjar, BMKG telah menginformasikan bahwa kenaikan pasang air laut akan tinggi dalam beberapa waktu ke depan.
“Mudah-mudahan akan bisa turun. Jadi kalau tadi disampaikan dari BMKG, maka prakiraannya ya kira-kira dari jam akan kelihatan turun,” ujarnya.
Seperti diwartakan, banjir rob atau air pasang yang melimpas ke daratan dengan ketinggian 2 meter lebih melanda kawasan pesisir Kota Semarang, Senin siang, khususnya daerah di sekitar Pelabuhan Tanjung Emas.
Ribuan pekerja dari sejumlah pabrik yang berada di kawasan industri Pelabuhan Tanjung Emas menyelamatkan diri dari peristiwa tersebut.
Selain sepeda motor dan mobil, ribuan unit mesin jahit serta mesin produksi pada sejumlah pabrik juga terendam banjir rob.
Puluhan kontainer atau peti kemas yang berada di Pelabuhan Tanjung Emas juga tampak terendam banjir rob.
Belum diketahui pasti jumlah kerugian dari berbagai pihak akibat peristiwa banjir rob yang terjadi bersamaan dengan gelombang tinggi, serta diperparah dengan jebolnya tanggul laut di kawasan pelabuhan.
Akibat banjir rob ini, PLN sempat menghentikan sementara aliran listrik pada daerah terdampak sebagai bentuk pengamanan keselamatan.
“Demi keselamatan masyarakat, kami mengambil tindakan preventif berupa penghentian sementara aliran listrik di lokasi kejadian maupun di sekitarnya untuk menghindari hal yang tidak diinginkan akibat arus listrik,” kata General Manager PLN Unit Induk Distribusi Jawa Tengah dan Daerah Istimewa Yogyakarta M Irwansyah Putra usai mengecek lokasi terdampak banjir rob di Semarang, Senin.
Akibat banjir rob di daerah Pelabuhan Tanjung Emas dan Komplek Industri Lamicitra, PLN terpaksa harus mengamankan sebanyak 408 gardu distribusi yang menyalurkan listrik ke sebanyak 35 ribu pelanggan baik yang berada di lokasi maupun di luar lokasi banjir rob.
Selain itu, pihaknya akan terus melakukan pemantauan situasi dan kondisi debit air di titik lokasi terdampak banjir.
“Apabila air sudah surut dan kondisi sudah aman, PLN akan berupaya secepat mungkin menyalurkan kembali aliran listrik ke pelanggan,” ujarnya didampingi Senior Manager Komunikasi dan Umum Ahmad Mustaqir dan Manajer Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan (UP3) Semarang Eric Rossi.
Baca juga: Prediksi BMKG: Banjir Rob Ancam 17 Provinsi di Indonesia Hingga 25 Mei 2022
Ikuti berita terkini dari Tempo di Google News, klik di sini.
BMKG juga menyatakan masih ada gelombang sangat tinggi hari ini
PPP sebut Koalisi Indonesia Bersatu tidak menutup kemungkinan melirik tiga nama bakal capres hasil Rakernas NasDem.
Banjir rob kembali menggenangi kawasan Pelabuhan Tanjung Emas Semarang. Para pekerja nekad menerjang banjir untuk keluarkan motor ke wilayah aman.
Ganjar meminta masyarakat kembali menerapkan protokol kesehatan secara ketat untuk menghindari penularan Covid-19.
Menjelang Pilpres 2024, pelbagai lembaga survei lakukan jajak pendapat politik mengetahui elektabilitas capres. Begini pertanyaannya survei capres.
Indeks kualitas udara Jakarta pagi ini mengulang catatan minggu lalu.
Kualitas udara Jakarta masuk kategori tidak sehat karena konsentrasi PM2.5 saat ini 27,4 kali dari nilai pedoman WHO.
BMKG memprakirakan hujan disertai petir terjadi di Banjarmasin, Pangkal Pinang dan Mamuju pada hari ini, Senin 20 Juni 2022.
Sejumlah peristiwa politik yang terjadi pada Pilpres 2024 membuat peta koalisi semakin terang benderang. Diprediksi bisa tercipta 4 poros.
Anies Baswedan menyatakan respect dan memuji cara Surya Paloh menjaring capres. Terhormat dan terima kasih masuk daftar capres NasDem.

source