Pejabat hasil lelang jabatan yang dibuka Pemprov Sulawesi Selatan (Sulsel) akhir tahun lalu dilantik Gubernur Sulsel Andi Sudirman Sulaiman (ASS) secara bertahap. Tersisa 3 pejabat hasil lelang jabatan rekomendasi Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN) yang menunggu dilantik ASS.
“Saya percaya bahwa saudara ini akan melaksanakan tugas sesuai tugas dan tanggung jawab masing-masing,” ungkap Andi Sudirman saat melantik 2 pejabat eselon II di Ruang Rapat Pimpinan Kantor Gubernur Sulsel, Senin (20/6/2022).
Andi Sudirman kembali melantik 2 pejabat hasil lelang yang sebelumnya masih menjadi pelaksana tugas (Plt) di OPD masing-masing. Pejabat yang dilantik kali ini yakni drh Nurlina Saking sebagai Kepala Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan serta Muhammad Saleh sebagai Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Pemprov Sulsel.
“Untuk drh Nurlina hanya dua minggu (menjabat plt) semuanya langsung jalan yang saya kira (selama ini) tidak berjalan, jadi Anda layak (dilantik),” bebernya.
Dia menuturkan ada 3 kriteria penilaian yang jadi evaluasi sebelum melantik jadi pejabat definitif. Mulai dari aspek penerimaannya oleh pegawai OPD, aspek menjalankan program, dan aspek serapan anggaran.
“Saya punya 3 penilaian itu,” terang ASS.
Usai melantik 2 pejabat tersebut, ASS berpesan agar serapan anggaran segera dipercepat direalisasikan. Dia juga meminta agar keduanya bisa membantu dengan maksimal menuntaskan program-program yang sudah ditetapkan.
“Harapan saya program yang ada dikembangkan lebih bagus. Anggaran tahun ini sudah ada, saya harap tetap dilelang, ikuti syarat dan sesuai prosedurnya,” pungkasnya.
Saat ini tersisa 3 jabatan hasil lelang jabatan yang belum dilantik. Yakni Inspektur Daerah, Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) dan Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans). Lelang jabatan dibuka Pemprov Sulsel akhir tahun lalu namun kemudian ditegur KASN karena pelantikan pejabatnya lamban.
Lantas KASN memberi tenggat waktu kepada Gubernur Sulsel ASS hingga Agustus untuk menuntaskan pelantikan pejabat hasil lelang jabatan. Hal itu tertuang dalam surat KASN dengan nomor B-1488/JP.00.00/04/2022 tertanggal 14 April 2022 yang diteken Wakil Ketua KASN Tasdik Kinanto.
“KASN menanyakan soal tindak lanjut rekomendasi KASN (kepada Gubernur Sulsel). Jadi (diminta) menindaklanjuti proses hasil seleksi yang sudah disetujui KASN,” ungkap Wakil Ketua KASN Tasdik Kinanto saat dikonfirmasi detikSulsel, Selasa (24/5).

source