Mahasiswa Islam Pecinta Alam (MISPALA) Cosmosentris IAIN Parepare Gelar Penanaman Pohon di River Ladoma Eco Resort, Watang Bacukiki, Kecamatan Bacukiki, Kota Parepare, Kamis (10/11/2022).
PAREPARE,PIJARNEWS.COM – Mahasiswa Islam Pecinta Alam (MISPALA) Cosmosentris Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Parepare melaksanakan milad ke 23 tahun di River Ladoma Eco Resort, Watang Bacukiki, Kecamatan Bacukiki, Kota Parepare, Rabu (9/11/2022).
Kegiatan itu dirangkaikan dengan penanaman pohon, seminar lingkungan hidup, silaturahmi bersama Organisasi Mahasiswa (ORMAWA) IAIN Parepare, Mahasiswa Pecinta Alam (MAPALA) Sulawesi Selatan (Sulsel). Dan Dinas Kehutanan Parepare, Lurah setempat, berlangsung Rabu-Kamis, 9-10 November 2022.
“Jadi di hari milad Mispala ini yang berbeda dari tahun sebelumnya kita melaksanakan secara outdoor atau di luar dan juga silaturahminya yang membuat milad ini begitu spesial,” ujar Muhammad Fadli sebagai Ketua Panitia, Rabu Malam (9/11/2022).
Selain itu, Macau sapaan akrab Muhammad Fadli di Mispala Cosmosentris mengungkapkan kegiatan penanaman pohon dilakukan, sebab kondisi hutan di Gunung Nepo terjadi penggundulan.
“Jadi yang ingin dicapai ketika menanam pohon yang tentunya kita tahu bahwa di Nepo saat kami melakukan pendidikan dasar sebelumnya itu mengalami penggundulan jadi kita sebagai mahasiswa Islam pecinta alam tentunya bagaimana kita peka atas akan alam,” ungkapnya.
Sehingga saat seminar berlangsung Kamis, 10 November 2022. Hadir pemateri  Zulkifli Farid, mewakili Lurah Watang Bacukiki, Arhamdi mewakili Dinas Kehutanan Kota Parepare yang membahas tentang krisisnya Gunung Nepo.
“Krisisnya Gunung Nepo yaitu adanya penggundulan, penebangan pohon dan itu sudah dijelaskan di seminar tadi,” pungkasnya.
Sementara, Ketua Umum, Fajar menuturkan penanaman pohon bukan hanya sekadar menanam sebuah bibit tapi juga menanam sebuah harapan.
“Penggundulan yang dilakukan tanpa reboisasi menjadi faktor utama yang mendorong Mispala Cosmosentris untuk melakukan penanaman pohon,” kata Fajar kepada pijarnewscom, Kamis (10/11/2022)
Fajar berharap di umur Mispala Cosmosentris yang ke 23 tahun bisa tetap eksis serta mampu memberikan kontribusi terbaik kepada seluruh elemen yang membutuhkan.(*)
Reporter: Faizal Lupphy
Terverifikasi Administrasi dan Faktual Oleh Dewan Pers
©2016 – 2022. Hak Cipta oleh PT. Pijar Media Global
©2016 – 2022. Hak Cipta oleh PT. Pijar Media Global
Login to your account below




Please enter your username or email address to reset your password.



source