Pemprov Sulawesi Selatan (Sulsel) mengatakan proyek kereta api Makassar-Parepare akan mulai diuji coba akhir bulan ini. Kereta api akan menjajal rute sepanjang 50 kilometer dari arah Barru ke Pangkep.
“Ada rencana tanggal 29 Oktober pengoperasian terbatas. Dari Garongkong (Barru) ke Mangilu di Pangkep. Itu jaraknya kurang lebih 50 kilometer,” ungkap Kepala Dinas Perhubungan Sulsel Muh Arafah kepada wartawan di Kantor Gubernur Sulsel, Selasa (25/10/2022).
“Itu akan ditambah dari Garongkong ke Maros. Itu jaraknya 70 kilometer,” sambungnya.
Arafah mengatakan kereta api ini nantinya akan dioperasikan terbatas sekali sepekan. Masyarakat yang hendak menjajal kereta api selama masa pengoperasian terbatas dapat terlebih dahulu melakukan pendaftaran.
“Untuk saat awal itu sekali seminggu. Jadi kalau nanti ada berminat silakan mendaftar (di Balai Kereta). Itu gratis,” sambungnya.
Selama tahap uji coba terbatas, gerbong kereta yang digunakan masih akan menggunakan gerbong modifikasi. Ini lantaran gerbong kereta yang akan digunakan secara resmi baru direncanakan akan tiba pada Januari 2023.
“Yang sementara ini adalah kereta api gerbongnya itu dimodifikasi. Jumlah penumpangnya 80 sampai 100,” ujarnya.
Kadiv Humas Balai Pengelola Kereta Api (BPKA) Sulsel Hendry Mundan sebelumnya menuturkan saat ini proyek pengerjaan kereta api rute Maros-Barru sudah memasuki tahap akhir. Untuk diketahui rute Maros-Barru sepanjang 71 kilometer ini akan melayani 8 stasiun.
“Dari Maros ke Barru itu kita melewati 8 stasiun. Mulai dari Stasiun Maros, Stasiun Rammang-rammang. Kemudian ke Stasiun Pangkajene, Stasiun Labakkang, Stasiun Ma’rang, Stasiun Mandalle, Stasiun Tanete Rilau, kemudian terakhir stasiun Barru,” ungkapnya kepada detikSulsel, Sabtu (17/9).
Untuk uji coba nanti, Hendry menyebut akan menggunakan kereta inspeksi yang telah dimodifikasi menjadi kereta penumpang. Kereta inspeksi ini diubah interiornya dan juga dilakukan penambahan kapasitas kursi.
“Awalnya cuma 46 penumpang, itu bisa menjadi berkapasitas sekitar 100 penumpang,” ungkapnya.

source