RADARDEPOK.COM – Puluhan balita di Kelurahan Pangkalanjati Baru (PJB), Cinere Kota Depok bakal punya ketahanan tubuh yang kuat. Hal ini didasari, sebanyak 30 balita di PJB telah mengikuti sejumlah imunisasi dasar lengkap (IDL), Kamis (28/7). Bertempat di Aula Kelurahan Pangkalanjati, puluhan balita yang sudah IDL kemudian diwisuda.
Ketua Tim Penggerak (TP) PKK Pangkalanjati Baru, Siti Bairiyah mengatakan, balita yang diikutsertakan pada gelaran wisuda IDL, berasal dari sejumlah wilayah yang terdata di 8 posyandu. Sebenarnya, jumlah balita yang diajukan dari 8 posyandu sebanyak 50 balita. Namun, setelah diverifikasi puskesmas, ternyata hanya 30 balita yang telah mengikuti IDL “30 balita inilah yang kemudian dapat diikutsertakan pada wisuda IDL,” ujar Ria -sapaan akrab Siti Bairiyah-.
Baca Juga : Banyak Nih, Pemilih Pemula Depok Sementara Capai 1.778
Pemberian imunisasi dasar lengkap kepada para balita merupakan upaya meningkatkan ketahanan tubuh anak terhadap penyakit. Sedangkan pelaksanaan wisuda kepada puluhan balita, bertujuan untuk meningkatkan antusias masyarakat khususnya kaum ibu.  Pemberian imunisasi lengkap kepada anak balita sangat penting, untuk meningkatkan antibodi anak terhadap potensi munculnya penyakit pada anak. “Kami ingin menarik minat para ibu untuk mengikutsertakan anaknya pada setiap ada pemberian imunisasi kepada balita. Sengaja makanya ada wisuda” tegasnya.

Penyelenggaraan wisuda imunisasi dasar lengkap (IDL) 30 balita disambut baik Lurah Pangkalanjati Baru, Iwan. Menurutnya, kegiatan wisuda bagi para balita yang sudah mengikuti IDL, menyerap anggaran pendapatan dan belanja daerah (APBD). “Kami berharap masyarakat dapat mengoptimalkan alokasi anggaran itu sepenuhnya, untuk tujuan meningkatkan kesehatan masyarakat khususnya anak balita. Agar tidak mudah terkena penyakit,” tegas Iwan.
Dia mengingatkan kepada para ibu yang memiliki anak balita. Namun, belum mengikuti program IDL, agar segera mengikutsertakan anaknya pada giat imunisasi di posyandu. Sehingga anak balita yang telah diajukan oleh posyandu untuk mengikuti wisuda IDL dapat terakomodir. “Semua jenis program imunisasi yang dicanangkan dan dilaksanakan pemerintah, sebagai upaya meningkatkan kualitas kesehatan masyarakat,” tutupnya.(ama/rd)
Jurnalis : Aldy Rama 
Editor : Fahmi Akbar 

source