Wali Kota Parepare, Taufan Pawe (TP) bakal melobi manajemen PSM Makassar untuk menghadirkan akademi sepakbola di Parepare. TP berharap PSM dapat membantu mewujudkannya.
“Saya berkeyakinan insyaallah akademi persepakbolaan akan hadir di Parepare,” ujar TP saat menghadiri Scouting Talent Akademi PSM Makassar 2022 di Lapangan Andi Makkasau, Parepare, Senin (20/6/2022).
Dia berharap akademi sepakbola yang nantinya hadir di Parepare bukan akademi biasa. Melainkan menjadi akademi yang dikelola langsung oleh PSM Makassar.
TP kemudian menyinggung akan melobi Direktur Utama PSM Makassar, Munafri Arifuddin (Appi) memindahkan akademi sepakbola dari Mamuju, Sulawesi Barat (Sulbar) ke Kota Parepare.
“Kalau perlu kita paksakan Pak Appi pindahkan akademi PSM Makassar dari Mamuju ke Parepare,” jelasnya.
Bahkan TP mengaku berkomitmen menjadikan Parepare sebagai gudang sepakbola. Salah satu upaya yang disebutnya ialah pembenahan Lapangan Andi Makkasau dan Stadion Gelora BJ Habibie.
“Pembenahan Lapangan Andi Makkasau dan Stadion Gelora BJ Habibie ini di mata saya menjadi bentuk komitmen untuk memajukan sepakbola di Sulsel. Kita sedang berupaya maksimal agar bisa jadi homebase PSM Makassar,” tegasnya.
Selain itu, dalam waktu dekat juga ia akan menyelenggarakan kompetisi sepakbola Beringin Cup. Kompetesi ini akan mempertemukan klub-klub terbaik dari 24 kabupaten dan kota di Sulsel.
Liga Beringin ini akan terbagi menjadi tiga wilayah dalam melakoni laga awal. Di antaranya wilayah utara, tengah, dan selatan. Sementara laga semifinal dan final digelar di Stadion Gelora BJ Habibie, Parepare.
“Dalam pelaksanaan Liga Beringin ini akan dikelola secara profesional melibatkan komponen-komponen teknis persepakbolaan yang tentunya juga profesional,” katanya.

source