Cepos Online
Berita Harian Papua
Cepos Online
Edward Sihotang. Ft: Robert Mboik/ cepos
SENTANI- Sebanyak 21 pusat kesehatan masyarakat (puskesmas atau PKM) di Kabupaten Jayapura sudah diisi oleh tenaga dokter.
Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Jayapura, Khairul Lie, melalui Sekretaris Dinkes, Edward Sihotang menjelaskan, meskipun seluruh PKM ini sudah ditempati tenaga dokter namun memang belum disesuaikan dengan aturan Menteri Kesehatan terkait dengan standarisasi penempatan tenaga dokter di setiap fasilitas kesehatan tersebut.
“Untuk Kabupaten Jayapura khusus Tahun 2022 ini sudah kita penuhi Puskesmas dengan dokter. Walaupun memang belum Sesuai dengan standar peraturan menteri kesehatan,” kata Edward Sihotang, Rabu (6/7).
Lanjut dia, Karena semestinya penempatan dokter berdasarkan peraturan menteri kesehatan ada standar minimal yang harus terpenuhi. Misalnya untuk Puskesmas yang memiliki fasilitas rawat inap diisi oleh sekian dokter termasuk spesialis begitu juga yang rawat jalan diisi olhh beberapa dokter. Tapi secara keseluruhan untuk Fasilitas Kesehatan puskesmas sudah terpenuhi dengan dengan penempatan dokter umum bahkan sampai di daerah pedalaman seperti di distrik Airu dan Pagai.
“Penempatan dokter ini kita gunakan pembiayaan melalui dana otsus yang kita terima. Ditahun 2022 ini anggaranya sudah cukup proposional, walaupun akhirnya menarik pembiayaan cukup besar tapi kita memenuhi kebutuhan dokter diseluruh puskesmas,”tandasnya.
Dia menjelaskan, khusus untuk puskesmas rawat inap, penempatan dokternya lebih dari satu orang. Ada enam puskesmas dengan fasilitas rawat inap yang sudah memiliki tenaga dokter lebih dari satu orang. Sementara 15 puskesmas non rawat inap ditempati oleh masing masing satu tenaga dokter umum.
“Mudah mudahan dengan proporsi anggaran yang ada terus kita jaga, karena penerimaan pegawai tidak selalu tiap tahun di Papua, itu kendalanya,”pungkasnya.(roy).
Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *







*Ketersediaan Hewan Kurban di Papua Sebanyak 6.191 Ekor JAYAPURA-Penetapan hari…
JAYAPURA-Rapat Bamus soal pemilihan kepala kampung termasuk pendistribusian logistik di…
JAYAPURA-Untuk kesekian kalinya Petisi Rakyat Papua (PRP) akan menggelar aksi…
*Pelaku Diduga Kesal Diberi Sanksi Karena Terlambat Apel Pagi MERAUKE- Kepala Rumah Sakit  (Karumkit) Jenderal TNI L.B Moerdani, Mayor CKM…
KENYAM-Guna membangkitkan perekonomian masyarakat Orang Asli Nduga yang menggeluti wirausaha, maka pada Senin (5/7) Penjabat Bupati Nduga Namia Gwijangge S.Pd….
MERAUKE- Kepala Rumah Sakit (Karumkit) Jenderal TNI L.B Moerdani Mayor CKM dr. Beny Arjihans, dilarikan ke Rumah Sakit Angkatan Laut…

source