ADVERTISEMENT
Rekrutmen BPJS Kesehatan masih berlangsung hingga saat ini. BPJS Kesehatan membuka 21 lowongan kerja bagi lulusan baru (fresh graduate) S1/S2 maupun bagi yang sudah memiliki pengalaman kerja.
Melansir dari situs resmi rekrutmen BPJS Kesehatan, Senin (31/10/2022), rekrutmen ini dibuka hingga 12 November 2022. Berikut merupakan persyaratan dan posisi yang sedang dibuka.
– Akreditasi Universitas/Prodi minimal B
– IPK Minimal 3.00 (PTN) dan 3.25 (PTS)
ADVERTISEMENT
SCROLL TO RESUME CONTENT
Fresh graduate:
– Usia maksimal 25 tahun per 31 Desember 2022 untuk lulusan S1
– Usia maksimal 28 tahun per 31 Desember 2022 untuk lulusan S2
Experienced (memiliki pengalaman kerja minimal 2 tahun):
– Usia maksimal 27 tahun per 31 Desember 2022 untuk lulusan S1
– Usia maksimal 30 tahun per 31 Desember 2022 untuk lulusan S2
Posisi yang dibuka:
Deskripsi kerja:
– Melakukan kegiatan pengelolaan Fasilitas TI/Data Center
– Pengembangan Fasilitas Data Center
Kualifikasi:
– Pendidikan minimal S1 Teknologi Informasi/Sistem Informasi/Informatika/Teknik Komputer/Teknik Elektro
– Akreditasi Universitas/Prodi minimal B
– IPK Minimal 3.00 (PTN) dan 3.25 (PTS)
– Memiliki pengetahuan pengelolaan Data Center/Ruang Server/Kelistrikan Arus Kuat
– Memiliki sertifikasi CDCP/CDCS/ATD/SKA Muda Kelistrikan (Nilai Tambah)
Deskripsi pekerjaan:
– Melakukan kegiatan pengelolaan aset teknologi informasi
– Monitoring dan evaluasi aset TI, kinerja penyedia layanan dan pengadaan TI
Kualifikasi:
– Pendidikan minimal S1 Teknologi Informasi/Sistem Informasi/Informatika/Teknik Komputer/Teknik Telekomunikasi
– Memiliki pengetahuan terkait perangkat laptop, pc, printer dan periperalnya
– Memiliki pengetahuan terkait dengan jenis-jenis lisensi
– Memiliki sertifikasi Pengelolaan Aset/ ITIL (nilai tambah)
Deskripsi pekerjaan:
– Melaksanakan kegiatan pengelolaan efektivitas pengembangan laporan dan bussiness intelligence, self service bussiness intelligence dan pemeliharaan machine learning
– Melaksanakan pengelolaan data analytic
– Monitoring evaluasi analisa data dan manajemen informasi
Kualifikasi:
– Pendidikan minimal S1 Teknologi Informasi/Sistem Informasi/Informatika/Teknik Komputer/Statistik
– Memiliki kemampuan pengolahan data (data mining)
– Memiliki kemampuan programming (phyton, R, SQL)
– Memiliki kemampuan ilmu statistik
– Memiliki pengalaman sebagai AI/ML Developer
Deskripsi pekerjaan:
– Melaksanakan kegiatan pengelolaan pengembangan Data Warehouse, pemeliharaan sistem Bussiness Intelligence, Self Service Bussiness Intelligence dan pengelolaan data quality
– Melaksanakan manajemen tata kelola data dan informasi
– Pengelolaan meta data, termasuk pengembangan dan pemeliharaan Data Catalog
– Pengelolaan Big Data dan data Virtualization
– Pengelolaan platform manajemen data
Kualifikasi:
– Pendidikan minimal S1 Teknologi Informasi/Sistem Informasi/Informatika/Teknik Komputer
– Memahami DBMS, sistem informasi dan Rekayasa Perangkat Lunak, serta pernah membuat suatu sistem informasi
– Menguasai salah satu bahasa programming (bahasa bebas)
– Menguasai dan familiar menggunakan bahasa SQL
– Mampu merancang/mendesign database,
– Memiliki pengetahuan dan mampu membaca dan menggambar DFD (Data Flow Diagram), CDM (Conseptual Data Model), PDM (phisical Data Model)
– Mengerti datawarehouse dan Bussiness Intellegence
– Memiliki minat dan pengetahuan pada teknologi Big Data
– Menguasai penggunaan ETL Tools
– Memiliki pengalaman bidang Data Engineering menjadi nilai tambah
Deskripsi Pekerjaan:
– Melakukan planning pengujian aplikasi,
– Membuat test scenario/ test script/ test cases,
– Melakukan analisa dampak dan risiko,
– Melakukan functional test,
– Melakukan performance test,
– Melakukan security test,
– Memberikan saran dan rekomendasi terhadap pengujian yang dilakukan,
– Melakukan User Acceptance Test (UAT),
– Membuat laporan hasil pengujian, dan
– Membuat user manual.
Kualifikasi:
– Pendidikan minimal S1 Teknologi Informasi/Sistem Informasi/Informatika/Teknik Komputer/Teknik Industri
– Memiliki keahlian sebagai QA Tester (Manual / Automation) pada aplikasi berbasis Web, Mobile dan API
– Memiliki keahlian dalam penggunaan SQA Tools (JMeter, Katalon, Postman dll.)
– Memiliki skill Database Query (SQL)
– Memiliki kemampuan analisa yang kuat
– Memiliki keterampilan yang baik dalam mengelola proyek
– Memiliki inisiatif yang bagus
– Memiliki kemampuan belajar dan memahami dengan cepat
– Memiliki kemampuan berkomunikasi dan berkolaborasi dengan baik sebagai tim
– Mampu bekerja dalam tekanan
Deskripsi pekerjaan:
– Menyusun dan Melakukan Review Kebijakan TI
– Melakukan Review Perencanaan, Pengembangan dan Operasional TI
– Melakukan Post Implementation Review
– Melaksanakan Implementasi dan Asesmen Tata Kelola TI
– Melaksanakan Implementasi dan Asesmen Kualitas Sistem TI
– Mengelola seluruh dokumen Pengembangan Sistem
Kualifikasi:
– Pendidikan minimal S1 Teknologi Informasi/Sistem Informasi/Informatika/Teknik Komputer/Teknik Industri
– Diutamakan Memiliki Sertifikat Keahlian (COBIT/CGEIT/ITIL/ISO27001/ISO2000)
– Memiliki pemahaman yang baik terhadap Tata Kelola TI dan IT Quality Management
– Memiliki kemampuan analisa yang kuat
– Memiliki keterampilan yang baik dalam mengelola proyek
– Memiliki inisiatif yang bagus
– Memiliki kemampuan belajar dan memahami dengan cepat
– Memiliki kemampuan berkomunikasi dan berkolaborasi dengan baik sebagai tim
– Mampu bekerja dalam tekanan
Deskripsi pekerjaan:
Membuat UI/UX Sistem Informasi.
– Membuat desain sistem:
a. UML Diagram (Use Case, Class Diagram, Activity Diagram)
b. Entity Relationship Diagram (ERD)
c. Kamus Data
– Coding
– Web Service besarta katalognya
– Membuat database
Kualifikasi:
– Pendidikan minimal S1 Teknologi Informasi/Sistem Informasi/Informatika/Teknik Komputer
– Programmer .Net core 6 dengan VUE JS
– Sistem microservices menggunakan Redhat Openshif
– Programmer Backend berbasis Web API Rest berbasis .Net core 3.1 menggunakan metode encrypt decrypt AES 256
– Database SQL Server versi 2016
– UI/UX Designer
– Programmer PHP minimal versi 7
– Menguasai Framework Angular Versi 14.0
– Menguasai Framework Code Igniter minimal versi 3
– System Analyst
– Programmer mobile apps dgn Flutter MVC
Deskripsi pekerjaan:
– Menerima, melakukan kajian dan analisa bisnis dari aspek TI terhadap usulan pengembangan sistem informasi.
– Menentukan strategi pengembangan sistem informasi, termasuk menentukan mekanisme pengembangan sistem informasi, kebutuhan infrastruktur, struktur tim proyek yang terlibat, dll
– Melakukan Requirement Gathering bersama dengan unit kerja terkait.
– Menyusun Project Charter dan Change Request Form terhadap Usulan Pengembangan Sistem Informasi sesuai dengan jenisnya.
– Menyusun atau melakukan reviu terhadap IT Capacity Planning, IT Strategic Plan, dan IT Enterprise Architecture
Kualifikasi:
– Pendidikan minimal S1 Teknologi Informasi/Sistem Informasi/Informatika/Teknik Komputer/Teknik Telekomunikasi/Teknik Industri
– Memiliki kemampuan berkomunikasi lisan dan tertulis yang efektif
– Memiliki problem solving skill & analytical thinking yang baik
– Mampu mengidentifikasi, menganalisis, dan memitigasi atau memberikan respons terhadap risiko dalam perencanaan pengembangan teknologi informasi
– Memiliki pengetahuan/kemampuan terkait perencanaan pengembangan teknologi informasi
– Memiliki pengetahuan/kemampuan terkait IT Capacity Planning
– Memiliki pengetahuan/kemampuan terkait IT Strategic Planning
– Memiliki pengetahuan/kemampuan terkait IT Enterprise Architecture
Deskripsi pekerjaan:
– Melakukan kegiatan pengelolaan infrastruktur
– Pengembangan lisensi TI, infrastruktur server dan storage
– Mengelola password server dan storage
Kualifikasi:
– Pendidikan minimal S1 Teknologi Informasi/Sistem Informasi/Informatika/Teknik Komputer
– Memiliki pengetahuan di OS baik windows, linux diutamakan.
– Memiliki passion terkait pengelolaan infra TI
– Memiliki sertifikasi Virtual Server/Storage/ITIL (menjadi nilai tambah)
Deskripsi pekerjaan:
– Melakukan kegiatan pengelolaan database (administrasi, konfigurasi, upgrade, backup dan tunning)
– Pengembangan sistem terkait penanganan insiden dan problem TI
– Pengembangan sistem terkait monitoring dan evaluasi database
Kualifikasi:
– Pendidikan minimal S1 Teknologi Informasi/Sistem Informasi/Informatika/Teknik Komputer/Teknik Telekomunikasi/Teknik Elektro
– Memahami konsep database SQL Server, antara lain: konfigurasi, backup, restore, tuning, pengaturan hak akses, High Availability, replikasi, troubleshooting
– Menguasai bahasa pemrograman SQL Server
– Memahami dan dapat melakukan konfigurasi OS Windows Server
– Diutamakan mempunyai sertifikasi MCSA SQL Server
Deskripsi pekerjaan:
– Melaksanakan kegiatan pengelolaan layanan dan pemeliharaan sistem aplikasi teknologi informasi
– Operasional dan pemeliharaan database
– Sosialisasi sistem TI
– Instalasi dan konfigurasi aplikasi
Kualifikasi:
– Pendidikan minimal S1 Teknologi Informasi/Sistem Informasi/Informatika/Teknik Komputer/Teknik Telekomunikasi/Teknik Elektro
– Memahami dan dapat konfigurasi dasar Sistem Operasi (Windows/Linux)
– Menguasi minimal 1 jenis bahasa pemrograman
– Menguasai konfigurasi dasar jaringan, memahami dan dapat mengkonfigurasi IP Subnetting serta konsep OSI model
– Dapat melakukan Instalasi, konfigurasi dan maintain hardware komputer untuk menunjang kegiatan operasi perusahaan
– Minat yang baik, bersemangat tinggi mempelajari hal-hal baru terkait teknologi dan asuransi
– Memahami konsep Database dan memahami operasional database
– Mampu melakukan konfigurasi, tuning dan troubleshooting web server, antara lain IIS, Tomcat, XAMPP, JBOSS, Wildfly
– Memahami konsep kerangka panduan tata kelola TI (COBIT)
Deskripsi pekerjaan:
– Melaksanakan kegiatan pengelolaan keamanan teknologi informasi
– Melaksanakan security awareness
– Menyusun pengembangan sistem terkait monitoring keamanan TI
Kualifikasi:
– Pendidikan minimal S1 Teknologi Informasi/Sistem Informasi/Informatika/Teknik Komputer/Teknik Telekomunikasi
– Memiliki integritas dan jiwa nasionalisme yang tinggi
– Tidak pernah terlibat dalam tindak pidana siber
– Memahami dan dapat konfigurasi dasar Sistem Operasi (Windows/Linux) (CEH menjadi nilai tambah)
– Menguasai minimal 1 jenis bahasa pemrograman
– Menguasai konfigurasi dasar jaringan, memahami dan dapat mengkonfigurasi IP Subnetting serta konsep OSI model
– Pernah mengikuti minimal 3(tiga) pelatihan/seminar./training mengenai cybersecurity atau IT Security (dibuktikan dengan certificate of attendance) menjadi nilai tambah
– Memahami konsep dan pernah melakukan penetration testing
– Pernah berpartisipasi dalam event CTF, Bug Bounty atau sejenis (menjadi nilai tambah)
– Memahami konsep dan pola serangan siber (menjadi nilai tambah)
Deskripsi pekerjaan:
– Melakukan kegiatan pengelolaan jaringan dan keamanan teknologi informasi
– Melakukan kegiatan operasional dan pemeliharaan jaringan
– Penanganan keluhan dan insiden keamanan TI
– Pengujian keamanan aplikasi
– Monitoring dan evaluasi hak akses sitem (jaringan)
Kualifikasi:
– Pendidikan minimal S1 Teknologi Informasi/Sistem Informasi/Informatika/Teknik Komputer/Teknik Telekomunikasi
– Mampu melakukan konfigurasi perangkat router (CCNA)
– Mampu mengkonfigurasi network routing menggunakan protokol OSPF/routing dinamis lainnya (CompTIA)
– Menguasai konfigurasi perangkat mikrotik (MTCNA)
– Mampu mengkonfigurasi dan mengoperasionalkan perangkat firewall (NSE1 atau NSE2)
– Mampu mengoperasikan Microsoft Office (Word, Excel, PowerPoint)
– Memahami konsep dasar networking
Deskripsi pekerjaan:
– Melaksanakan kegiatan dan pengelolaan informasi/data/laporan administrasi yang berkaitan dengan pengelolaan komunikasi publik, hubungan masyarakat dan hubungan kelembagaan
– Melaksanakan kegiatan dan pengelolaan informasi/data/laporan administrasi yang berkaitan dengan pengelolaan keprotokolan
Kualifikasi:
– Pendidikan minimal S1 Ilmu Komunikasi/Hukum/Hubungan Internasional/Ilmu Pemerintahan/Desain Komunikasi Visual/Sastra Inggris
Deskripsi pekerjaan:
– Melaksanakan kegiatan dan pengelolaan informasi/data/laporan administrasi yang berkaitan dengan pengelolaan SDM termasuk di dalamnya rekrutmen, penempatan, kinerja, remunerasi dan hubungan kerja
– Melaksanakan kegiatan dan pengelolaan informasi/data/laporan administrasi yang berkaitan dengan pengelolaan sarana prasarana dan rumah tangga
– Melaksanakan kegiatan dan pengelolaan informasi/data/laporan administrasi yang berkaitan dengan pengelolaan kearsipan
Kualifikasi:
– Pendidikan minimal S1 Teknik Sipil/Psikologi/Teknik Industri/Arsitektur/Ilmu Pendidikan/Hukum/Manajemen/Manajemen SDM
Deskripsi pekerjaan:
– Melaksanakan kegiatan dan pengelolaan informasi/data/laporan administrasi yang berkaitan dengan peningkatan efektivitas fungsi treasuri, penyusunan rencana kerja dan anggaran tahunan, pelaksanaan aktivitas pembukuan dan pencatatan aset
– Melaksanakan kegiatan dan pengelolaan informasi/data/laporan administrasi yang berkaitan dengan laporan keuangan dan manajemen akuntansi
– Melaksanakan kegiatan dan pengelolaan informasi/data/laporan administrasi yang berkaitan dengan pengelolaan Investasi Dana BPJS Kesehatan
– Melaksanakan kegiatan dan pengelolaan informasi/data/laporan administrasi yang berkaitan dengan pengelolaan keuangan dan pajak
Kualifikasi:
– Pendidikan minimal S1 Ilmu Ekonomi/Keuangan/Pajak/Perbankan/Akuntansi/Manajemen
Deskripsi pekerjaan:
– Melaksanakan kegiatan dan pengelolaan informasi/data/laporan administrasi yang berkaitan dengan manajemen kolekting iuran peserta JKN
– Melaksanakan aktivitas perencanaan dan penagihan kepada Pemerintah, Non Pemerintah dan PBPU
– Monitoring evaluasi penagihan iuran
– Melaksanakan aktivitas penerimaan non iuran seperti rekonsiliasi iuran dan koreksi iuran
Kualifikasi:
– Pendidikan minimal S1 Ilmu Komunikasi/Administrasi Bisnis/Manajemen Pemasaran/Manajemen/Ilmu Ekonomi/Keuangan/Ilmu Pemerintahan
Deskripsi pekerjaan:
– Melaksanakan kegiatan dan pengelolaan informasi/data/laporan administrasi yang berkaitan dengan peningkatan efektivitas kerjasama dan kemitraan fasilitas kesehatan, serta pengelolaan pelayanan promotif dan preventif.
– Melaksanakan kegiatan dan pengelolaan informasi/data/laporan administrasi yang berkaitan dengan efektivitas pengelolaan utilisasi pelayanan kesehatan, serta pengendalian dan penanganan kecurangan pelayanan kesehatan.
– Melaksanakan kegiatan dan pengelolaan informasi/data/laporan administrasi yang berkaitan dengan efektivitas pengelolaan klaim rujukan melalui kegiatan verifikasi klaim pelayanan kesehatan
Kualifikasi:
– Pendidikan minimal S1 Kedokteran Umum/Kedokteran Gigi/Keperawatan/Manajemen RS/Farmasi/Kesehatan Masyarakat
– Telah lulus Uji Kompetensi Dokter Indonesia (UKDI) menjadi nilai tambah
Deskripsi pekerjaan:
– Melaksanakan kegiatan dan pengelolaan informasi/data/laporan administrasi yang berkaitan dengan pengelolaan rekrutmen peserta JKN
– Melaksanakan kegiatan dan pengelolaan informasi/data/laporan administrasi yang berkaitan dengan pengelolaan administrasi kepesertaan
– Melaksanakan kegiatan dan pengelolaan informasi/data/laporan administrasi yang berkaitan dengan pengelolaan database peserta JKN
– Melaksanakan kegiatan dan pengelolaan informasi/data/laporan administrasi yang berkaitan dengan pengendalian mutu pelayanan dan pengelolaan pelayanan peserta melalui pemberian informasi langsung, tidak langsung, dan pelayanan perubahan data peserta
– Melaksanakan kegiatan dan pengelolaan informasi/data/laporan administrasi yang berkaitan dengan pengelolaan Care Center
Kualifikasi:
– Pendidikan minimal S1 Ilmu Komunikasi/Administrasi Bisnis/Kesehatan Masyarakat/Manajemen/Manajemen Pemasaran/Sastra Inggris/Hubungan Internasional/Teknik Industri/Ilmu Pemerintahan
Deskripsi pekerjaan:
– Melaksanakan kegiatan dan pengelolaan informasi/data/laporan administrasi yang berkaitan dengan pengelolaan regulasi dan kebijakan
– Melaksanakan kegiatan dan pengelolaan informasi/data/laporan administrasi yang berkaitan dengan manajemen pengawasan dan pemeriksaan atas kepatuhan peserta dan pemberi kerja
– Melaksanakan kegiatan dan pengelolaan informasi/data/laporan administrasi yang berkaitan dengan pelayanan hukum
Kualifikasi:
– Pendidikan minimal S1 Hukum
– Telah memiliki sertifikasi Advokat/Beracara menjadi nilai tambah
Deskripsi pekerjaan:
– Melaksanakan kegiatan dan pengelolaan informasi/data/laporan administrasi yang berkaitan dengan pengkajian aktuaria dan valuasi aktuaria
– Melaksanakan kegiatan dan pengelolaan informasi/data/laporan administrasi yang berkaitan dengan manajemen mutu, proses bisnis, manajemen risiko terintegrasi, penilaian risiko dan rencana penanganan risiko
– Melaksanakan kegiatan dan pengelolaan informasi/data/laporan administrasi yang berkaitan dengan kepatuhan terhadap implementasi kode etik, pengelolaan risiko, proses bisnis dan kebijakan internal
Kualifikasi:
– Pendidikan minimal S1 Aktuaria/Statistika/Matematika
– Memiliki sertifikasi aktuaris (jika ada)
1. KTP
2. Bukti Keterangan Akreditasi Universitas/Prodi
3. CV
4. Ijazah
5. Transkrip Nilai
6. Sertifikasi (Jika Ada)
7. SKCK*
*dapat disusulkan saat offering/dinyatakan lulus
Jika kalian ingin mendaftar lowongan kerja tersebut, kalian dapat mendaftarnya melalui https://rekrutmen.bpjs-kesehatan.go.id/karir/. Selanjutnya klik “APPLY NOW!”, gulirkan layar ke bawah lalu klik “See all jobs” dan pilih pekerjaan yang kalian minati. Perlu diketahui bahwa seluruh proses rekrutmen ini tidak dipungut biaya/gratis.
Demikian informasi mengenai lowongan kerja di BPJS Kesehatan.
ADVERTISEMENT
ADVERTISEMENT
ADVERTISEMENT
ADVERTISEMENT