HAILOMBOKTIMUR – Kepala Dinas Kesehatan (Dikes) Kabupaten Lombok Timur, dr. Pathurrahman membenarkan terkait kelangkaan obat dibeberapa puskesmas.
“Benar, beberapa bulan lalu puskesmas mengalami kelangkaan obat, tapi tidak semua jenis obat. Ini sudah menjadi atensi,” katanya kepada wartawan, Rabu 10 Agustus 2022.
Dikatakannya, petugas lapangan pada Dinas Kesehatan sudah keliling di beberapa puskesmas yang mengalami kelangkaan obat, sehingga masih bisa di atasi.
Pathurrahman juga menegaskan bahwa, pemerintah kabupaten Lombok Timur sudah melakukan proses pengadaan obat melalui sistem e-katalog, sehingga dalam waktu dekat bisa didistribusikan.
“Memang sudah dilakukan pengadaan, tapi pendistribusian dari tempat pembelian itu yang belum,” ujarnya
Ditanya terkait alasan penyedia belum melakukan pengiriman barang, Pathurrahman berdalih karena produksi obat yang kurang.
Sebelumnya, Ketua Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) Kajian dan Advokasi Sosial serta Transparansi Anggaran (KASTA) Kabupaten Lombok Timur, Daur Tatasul mengungkapkan hasil temuannya terkait kelangkaan obat.
Kata Daur, terdapat 36 PKM yang mengalami kelangkaan obat sejak bulan Januari hingga Agustus 2022 ini.
“Kelangkaan terjadi lantaran obat yang dibutuhkan oleh 36 PKM tidak distribusikan oleh Dinas terkait,” ujarnya, Selasa, 9 Agustus 2022.
Editor: Ihwan Aman
Jl. Anjani Suralaga Km 2, Telaga Tampat, Suralaga Kec Suralaga,
Kab Lombok Timur – NTB, 83652
Telepon : 082111132092
Email : hailomboktimur@gmail.com
PT Kolaborasi Mediapreneur Nusantara
Jl. Asia Afrika No. 75
Bandung – Jawa Barat, 40111, Ph. 022-4241600
Email: prmnnewsroom@pikiran-rakyat.com
©2022 Pikiran Rakyat Media Network

source