TEMPO.CO, Jakarta – Belakangan ini jagad maya dihebohkan dengan pemberitaan soal hepatitis yang menyebar.
Sebab secara tiba-tiba, berbagai negara mendapati kasus hepatitis akut yang belum diketahui dengan pasti mengapa bisa tersebar begitu cepat.
Bahkan Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) menetapkan hal ini sebagai Kejadian Luar Biasa pada tanggal 15 April lalu.
Begitu juga dengan Kementerian Kesehatan RI yang telah mengeluarkan surat edaran pada 27 April tentang kewaspadaan terhadap hepatitis akut yang tidak diketahui sebab-musababnya.
Penyebab pastinya tentu karena virus. Dikutip dari laman resmi WHO, hepatitis adalah peradangan hati yang disebabkan oleh virus yang menular.
Hepatitis sendiri bermacam-macam tergantung pada virus penyebabnya. Terdapat lima jenis hepatitis yaitu tipe A, B, C, D, dan E. Gejala tertular hepatitis ditandai dengan demam, nyeri sendi, mual dan muntah-muntah, diare, dan penyakit kuning.
Secara spesifik, artikel ini akan membahas tentang ciri dan bahaya dari hepatitis A.
Adapun penyebab hepatitis A adalah virus hepatitis A (HAV). Mengutip Healthline, jenis ini merupakan penyakit akut dan dalam jangka waktu yang singkat.
Virus HAV sendiri dapat ditularkan melalui makanan serta minuman yang dikonsumsi. Setelah ditularkan, virus menyebar melalui aliran darah ke hati dan menyebabkan peradangan serta pembengkakan.
Masih dikutip dari Healthline, anak-anak berusia di bawah enam tahun biasanya tidak menunjukkan gejala apabila mengalami kontak dengan virus ini. Beda halnya dengan anak-anak di atas enam tahun hingga orang dewasa, berikut ini gejala yang ditunjukkan:
Meskipun hepatitis A bukan penyakit kronis dan tidak lebih berbahaya dari jenis hepatitis lainnya, kita tetap perlu menjaga diri. Dalam beberapa kasus, hepatitis A dapat menjadi kronis dan bahkan menyebabkan perlunya transplantasi hati.
Perlindungan utama dari segala jenis hepatitis adalah vaksin hepatitis. Dilansir dari Mayoclinic, di bawah ini adalah upaya pencegahan dari hepatitis A:
VIOLA NADA HAFILDA
Baca juga: 
Vaksin hepatitis B merupakan salah satu cara pencegahan penyakit hepatitis atau dikenal sebagai penyakit kuning. Berikut manfaat vaksin tersebut.
Setiap gejala dari hepatitis terjadi karena adanya virus dengan jenis yang berbeda. Berikut adalah penjelasan hepatitis A hingga E. Apa penyebabnya?
Kasus tertinggi di Asia Tenggara adalah hepatitis B. Cek penyebab dan cara mencegahnya.
Bagi sebagian orang, infeksi hepatitis B menjadi kronis, artinya berlangsung lebih dari enam bulan.
Anda perlu untuk mengetahui penyebab dan gejala dari hepatitis A.
Hepatitis adalah peradangan hati disebabkan oleh virus. Kondisi ini dapat sembuh sendiri atau berkembang menjadi fibrosis jaringan parut dan lainnya.
Hari ini, 28 Juli diperingati sebagai Hari Hepatitis Sedunia. Berikut ini kilas baliknya.
Ada satu kasus pasien meninggal akibat hepatitis akut di Jakbar beberapa waktu lalu akibat tiodak dibawa ke rumah sakit.
Pada sejumlah pasien di Indonesia, gejala hepatitis akut misterius yang paling banyak ditemukan adalah demam, mual dan muntah.
Monkeypox atau cacar monyet bisa menular dari hewan ke hewan atau dari hewan ke manusia.

source