Salam Sehat Krama Bali,
Ayo, Kita sukseskan Bulan Imunisasi Anak Nasional (BIAN) Tahun 2022
Anak merupakan generasi penerus masa depan yang harus kita jaga dan otimalkan tumbuh kembangnya. Kesehatan anak merupakan salah satu pilar yang berperan penting dalam proses tumbuh kembang anak. Sejumlah penyakit atau virus dapat mengganggu kesehatan anak sehingga diperlukan upaya untuk meningkatkan kekebalan anak yaitu melalui imunisasi.
Pemerintah mengupayakan kegiatan imunisasi terintegrasi berupa pelaksanaan Bulan Imunisasi Anak Nasional atau disingkat BIAN. BIAN memiliki tujuan mencegah timbulnya Penyakit yang Dapat Dicegah Dengan Imunisasi (PD3I). Sasaran dari BIAN yaitu pemberian imunisasi lengkap saat bayi, bayi dibawah dua tahun (baduta) dan pelaksanaan Bulan Imunisasi Anak Sekolah (BIAS).
BIAN memiliki 2 kegiatan utama yaitu Imunisasi Tambahan untuk campak-rubela dan Imunisasi Kejar. Dengan capaian imunisasi Campak Rubella rutin pada bayi dan saat BIAS di Provinsi Bali telah mencapai minimal 95%, maka pada saat BIAN Provinsi Bali hanya melaksanakan Imunisasi Kejar. Imunisasi kejar adalah imunisasi pada anak-anak yang belum menerima dosis vaksin sesuai usia atau dikenal dengan Imunisasi Rutin Lengkap (IRL)
Pelaksanaan Imunisasi Kejar untuk Provinsi Bali masuk dalam tahap ke II pelaksanaan nasional dimulai bulan Juli tahun 2022. Sedangkan pelaksanaan di Provinsi Bali dimulai dari tahap pesiapan bulan Mei s/d Juli 2022, tahap pelaksanaan Agustus s/d Desember 2022. Dengan imunisasi lengkap kita wujudkan anak yang sehat dan produktif.

source