KLIKANGGARAN — Kementerian Kesehatan Republik Indonesia mengungkapkan bahwa ada 12 indikator yang perlu mendapat perhatian untuk mencapai keluarga yang sehat.
12 Indikator Keluarga Sehat menurut Kemenkes adalah: (1) Keluarga mengikuti program KB; (2) Ibu melakukan persalinan di fasilitas kesehatan; dan (3) Bayi mendapat imunisasi lengkap.
Selanjutnya: (4) Bayi mendapat ASI eksklusif; (5) Balita mendapat pemantauan pertumbuhan; serta (6) Penderita TB paru-paru mendapatkan pengobatan yang sesuai dengan standar.
Berikutnya: (7) Penderita hipertensi melakukan pengobatan teratur; (8) Penderita gangguan jiwa mendapat pengobatan dan tidak ditelantarkan; (9) Anggota keluarga tidak merokok.
Baca Juga: Kemensos Salurkan Bantuan Bencana Banjir di Luwu Utara Senilai Rp 539 Juta
Kemudian terakhir: (10) Keluarga sudah menjadi anggota JKN; (11) Keluarga mempunyai akses air bersih; serta (12) Keluarga mempunyai akses atau menggunakan jamban keluarga.
12 indikator ini menjadi bahasan pada pertemuan Koordinasi Terintegrasi Lintas Program dan Lintas Sektor Tingkat Kabupaten/Puskesmas, Senin (5/9), di Hotel Bukit Indah, Masamba.
Kegiatan pertemuan Koordinasi Terintegrasi Lintas Program dan Lintas Sektor Tingkat Kabupaten dan Puskesmas ini dibuka Sekretaris Daerah Luwu Utara, Ir. H. Armiadi, M.Si.
Dalam sambutannya, Sekda Armiadi mengungkapkan, dari 12 indikator keluarga sehat, indikator ke-9, anggota keluarga tidak ada yang merokok, diakui paling sulit diintervensi.
Editor: Insan Purnama
Sumber: Liputan lapangan
Danau Mahalona No. 63, Bendungan Hilir, Tanah Abang, Jakarta 10210

082113824931
klikanggaran.redaksi@gmail.com
©2022 ProMedia Teknologi

source