PEKANBARU – Sebanyak 1.500 ibu-ibu Tim Penggerak (TP) Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) dari 15 kecamatan memeriahkan Jambore Kota Pekanbaru di halaman Mal Pelayanan Publik (MPP), Rabu (7/9). Jambore ini merupakan wadah silaturahmi para ibu PKK dengan ibu-ibu dari organisasi instansi lain.
Ketua TP PKK Raja Rilla Mustafa Muflihun mengatakan, Jambore PKK ini sebagai wadah silaturahmi dan bertukar pengalaman, wawasan, pengetahuan, serta pemberian penghargaan yang dapat memotivasi para kader untuk meningkatkan kinerja dalam menjalankan 10 program pokok PKK. Para peserta terdiri dari 15 tim PKK dari tiap kecamatan.
“Masing-masing TP PKK kecamatan mengirimkan 100 orang peserta,” ujarnya.
Acara Jambore ini terdiri dari lomba tertib administrasi PKK yang telah digelar pada 1-3 September 2022. Lomba busana bordir Melayu, Lomba Yel-yel dengan tema stunting. Lomba penyuluhan dengan tema stunting. Lomba mendongeng, Lomba Mars PKK.
Lomba Bazaar Produk Usaha Peningkatan Pendapatan Keluarga (UP2K). Penilaian defile (parade) dan pelaksanaan Jambore PKK terbaik di tingkat kecamatan. Para juri berasal dari Pemko Pekanbaru maupun pihak swasta.
“Kami juga melaksanakan pelayanan kesehatan gratis antara lain, pemeriksaan kesehatan, pemasangan alat kontrasepsi, vaksinasi Covid-19, Bulan Imunisasi Anak Nasional (BIAN), donor darah, dan pemberian vitamin C gratis bagi 50 pengunjung pertama,” urai Raja Rilla.
Kesempatan yang sama, Penjabat (Pj) Wali Kota Pekanbaru Muflihun dalam pidatonya mengatakan, Jambore PKK sudah digelar di 15 kecamatan sebelumnya. Tanpa dukungan ibu-ibu PKK, pembangunan tidak seperti yang diharapkan. Makanya, peran serta ibu-ibu PKK ini sangat menunjang kemaslahatan masyarakat.
“Kami sangat apresiasi kegiatan yang dilakukan ibu-ibu PKK di tiap kecamatan. Kami ingin ibu-ibu PKK ini berkolaborasi dengan ibu-ibu Persit, Bhayangkari, dan Ikatan Adhyaksa Dharma Karini,” ujarnya.
Karena, ibu-ibu dari organisasi dari instansi lain ini juga aktif melakukan kegiatan. Jika ibu-ibu ini bersatu, maka akan mudah menyampaikan pesan-pesan kepada masyarakat. Karena, ibu-ibu dari organisasi ini paling dekat dengan masyarakat.
Di sela-sela kegiatan Jambore ini, Muflihun memberikan santunan stunting kepada 10 anak. Bantuan stunting juga diberikan kepada ibu hamil dan Usaha Peningkatan Pendapatan Keluarga Sejahtera (UPPKS). (Kominfo11/RD5)

Portal Resmi Pemerintah Kota Pekanbaru Provinsi Riau
KOTA PEKANBARU
Komplek Perkantoran Walikota Pekanbaru, Jalan Abdul Rahman Hamid, Kelurahan Tuah Negeri Kecamatan Tenayan Raya

source