Highly enthusiastic to help people by finding, improving, and fulfilling their true personal abilities and callings through training and development. A political science student with a vision of freedom to enchance individual liberty and equal opportunities. Actively participating in vast social activities to reach maximum exposure on gathering experiences and deeper knowledge. Having bold interest in social studies with a goal to understand better multiple sense of crisis and delivering solution towards the horrendous world problem.
Selanjutnya
Tutup

Mahasiswa adalah agent of change yang menjalankan Tri Dharma Perguruan Tinggi yaitu pendidikan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat. Hadir sebagai salah satu bentuk nyata pengabdian dalam rangka meningkatkan kesejahteraan dan kesehatan sekitar, kelompok mahasiswa KKN Kebangsaan dan KKN Bersama Ke-X tahun 2022 Universitas Palangkaraya di Desa Sei Bakut, Kec. Kapuas Kuala, Kalimantan Tengah yang beranggotakan 10 mahasiswa dari kampus dan provinsi yang berbeda terjun langsung ke masyarakat Desa Sei Bakut dalam menjalankan program kerja Muda Peduli Kesehatan. Muhammad As’ad, Mahasiswa Kedokteran Gigi dari Universitas Jember selaku Penanggung Jawab (PJ) program, menjelaskan bahwasanya mosi kesehatan gigi dan mulut menjadi salah satu topik yang harus menjadi fokus penyuluhan di Desa Sei Bakut, menilik atas kesadaran akan pentingnya menjaga kesehatan gigi dan mulut yang masih rendah.
Program kerja ini memuat dimana kelompok KKN Kebangsaan Desa Sei Bakut melakukan penyuluhan kesehatan gigi dan mulut kepada seluruh sekolah dasar yang ada di Desa Sei Bakut yaitu SDN 01 Sei Bakut, Madrasah Ibtidaiyah Darul Khair Desa Sei bakut, dan Madrasah Ibtidaiyah Darusalam Desa Sei Bakut yang dilaksanakan secara beruntun terhitung sejak Kamis, 28 Juli 2022 hingga Sabtu, 30 Juli 2022. Program kerja ini mendapat respon positif dari kepala sekolah, guru hingga siswa yang mengikuti kegiatan penyuluhan kesehatan gigi dan mulut. Selain itu, kelompok mahasiswa KKN Kebangsaan dan KKN Bersama ke X tahun 2022 Universitas Palangkaraya di Desa Sei Bakut juga melakukan pembagian sikat gigi gratis kepada siswa sebagai alat praktik menyikat gigi yang baik dan benar guna menjaga kesehatan gigi dan mulut.

Penyuluhan Kesehatan Gigi dan Mulut di SDN 01 Desa Sei Bakut (Dokpri)
Penyuluhan Kesehatan Gigi dan Mulut di SDN 01 Desa Sei Bakut (Dokpri)

Penyuluhan Kesehatan Gigi dan Mulut di Ibtidaiyah Darul Khair Desa Sei Bakut (Dokpri)
Penyuluhan Kesehatan Gigi dan Mulut di Ibtidaiyah Darul Khair Desa Sei Bakut (Dokpri)


Penyuluhan Kesehatan Gigi dan Mulut di MI Darussalam Desa Sei Bakut (Dokpri)
Penyuluhan Kesehatan Gigi dan Mulut di MI Darussalam Desa Sei Bakut (Dokpri)


Antusiasme yang berhasil dipetik dari program ini, turut menghimpun dukungan dari pihak perangkat Desa Sei Bakut dalam upaya untuk memajukan Desa Sei Bakut. Salah satunya ialah perangkat dari Kepala Desa Sei Bakut, Syaifaturrahman, sebagaimana program ini dinilai hadir sebagai salah satu inovasi dalam upaya untuk meningkatkan partisipasi dan kesadaran warga dalam meningkatkan mutu kesehatan. Setelah terlaksananya kegiatan penyuluhan kesehatan gigi dan mulut kepada seluruh sekolah dasar di Desa Sei Bakut, diharapkan bahwa siswa dan guru-guru dapat mengimplementasikan ilmu yang telah dibagikan seperti tata cara menyikat gigi serta timbul rasa kepekaan terhadap penting nya menjaga kesehatan gigi dan mulut guna peningkatan kualitas hidup yang baik.

source