Tahun Baru Islam 2022 1 Muharram 1444 jatuh pada hari Sabtu 30 Juli 2022. Banyak amalan yang bisa dijalankan selama bulan Muharram. Salah satunya puasa Asyura, yuk cek jadwal dan niat puasa sunah ini.
Umat Islam akan menunaikan puasa sunah Asyura di bulan Muharram. Dilansir dari detikJatim, jadwal puasa Asyura yang dilaksanakan pada 10 Muharram 1444 jatuh hari Senin 8 Agustus 2022.
Untuk niat puasa Asyura dalam bacaan latin yaitu Nawaitu shauma ghadin ‘an ada’i sunnati ‘Asyura lillahi ta’ala. Dalam bahasa arab, niat puasa Asyura sebagai berikut.
نَوَيْتُ صَوْمَ غَدٍ عَنْ أَدَاءِ سُنَّةِ ِعَا شُورَاء لِلهِ تَعَالَى
Artinya: Saya berniat puasa sunah Asyura karena Allah Lillahi ta’ala.
Keutamaan Puasa Asyura
Sebelum menjalankan puasa Asyura, umat muslim juga menunaikan puasa Tasua sehari sebelumnya, yaitu pada 9 Muharram 1444 H. Tahun ini puasa Tasua jatuh pada hari Minggu 7 Agustus 2022.
Niat puasa Tasua dalam bacaan latin, yaitu Nawaitu sauma tasu’a sunnatal lillahita’ala. Sedangkan, niat puasa bahasa Arab sebagai berikut.
نَوَيْتُ صَوْمَ تَاسُعَاءْ سُنَّةَ ِللهِ تَعَالَى
Artinya: Saya niat puasa sunah Tasua, sunah karena Allah ta’ala.
Dua puasa sunah di bulan Muharram ini memiliki keutamaan dosa-dosa setahun lalu akan diampuni Allah SWT. Selain puasa sunah, umat Islam juga dianjutkan memperbanyak ibadah sunah lainnya, seperti sedekah dan sholat.
Rasulullah SAW bersabda, “Puasa hari Arafah dapat menghapuskan dosa dua tahun yang telah lepas dan akan datang, dan puasa Asyura (tanggal 10 Muharram) menghapuskan dosa setahun yang lepas,” (HR Muslim).
Keutamaan Bulan Muharram
Bulan Muharram menjadi salah satu bulan istimewa untuk umat Islam. Bulan pertama tahun Hijriah ini, dalam Al-Qur’an memiliki sebutan Al-Fajr atau fajarnya tahun. Salah satu hadis menerangkan bahwa bulan Muharram merupakan salah satu bulan Haram dalam kalender Hijriah.
“Maka sesungguhnya darah, harta, dan kehormatan kalian semua haram (mulia) atas kalian seperti mulianya hari ini, di negeri ini, dan di bulan ini. Dan sesungguhnya kalian akan menghadap Tuhanmu sekalian dan Dia akan bertanya kepada kalian tentang amal perbuatkan kalian,” (HR Bukhari dan Muslim).
Keutamaan Muharam lainnya yakni sebagai bulan yang istimewa untuk berpuasa setelah Ramadhan.
شَهْرُ اللهِ المُحَرَّمُ ، وَأفْضَلُ الصَّلاَةِ بَعْدَ الفَرِيضَةِ
Artinya: Sebaik-baik puasa setelah puasa Ramadhan adalah puasa di bulan Muharam, dan sebaik-baik salat setelah salat fardhu adalah salat malam. (HR Muslim).

source