Memasak
Selanjutnya
Tutup

SEMARANG (13/08/2022) — Program Pelatihan dan Pengenalan Puding Daun Kelor dengan sasaran Ibu Rumah Tangga yang di selenggarakan di RT 03/ RW 01 Kelurahan Kebonagung, Kecamatan Semarang Timur, Kota Semarang pada Sabtu (6/08/2022) oleh Mahasiswa KKN Tim II Universitas Diponegoro 2021/2022 dengan tujuan memberikan pengenalan mengenai manfaat daun kelor yang dijadikan olahan pangan sederhana menjadi puding daun kelor berbagai manfaat bagi tubuh. 

dokpri
dokpri

Berangkat dari makanan yang tidak hanya sebagai pemuas selera atau pengeyang perut maka hadir pangan fungsional yaitu Puding Daun Kelor yang memiliki nilai gizi tinggi dimana masyarkat sekarang mulai menilai makanan dari aspek gizi yang baik bagi tubuh dan dapat bermanfaat bagi penderita penyakit dalam. Daun kelor merupakan tanaman yang dapat dikonsumsi dan memiliki manfaat sangat beragam untuk kesehatan tubuh dengan kandungan tinggi protein, vitamin C, mineral, zat besi dan kalsium.

Manfaat dari pengenalan puding daun kelor ini diharapkan Ibu — ibu PKK dapat menyediakan pangan dengan nilai gizi yang tinggi dan sehat untuk tumbuh kembang anak — anak. Daun kelor memiliki manfaat yaitu dapat menurunkan kolesterol, menurunkan gula darah, mencegah hipertensi dan kaya akan antioksidan dimana dapat mencegah radikal bebas dan radikal bebas ini berfungsi untuk mencegah penuan dini dan mencegal sel — sel kanker.
Dari pengenalan puding daun kelor ini ibu — ibu memberikan respon yang positif dengan ada yang mengatakan akan mencoba membuat dan bertanya untuk menghilangkan bau langu dari daun kelor jika dilakukan pengolahan puding itu bagaimana? Untuk menghilangkan langu dari daun kelor pada pembuatan puding yaitu dengan penambahan daun pandan dan ekstrak vanilli yang mana kandungan daun pandan juga memiliki manfaat yang besar bagi kesehatan tubuh.
Penulis : Eva Marutiningsih
DPL : Alfita Rakhmayani, S.E., M.Ak
Lokasi : Kelurahan Kebonagung, Kecamatan Semarang timur, Kota Semarang

source