Wawali Surabaya Armuji saat mengunjungi Puskesmas Jagir yang memberikan layanan screening mata dan katarak.

Surabaya, Bhirawa
Puskesmas Jagir bekerjasama dengan Klinik Utama Matas Surabaya Eye Clinic (SEC) menggelar kegiatan screening mata dan katarak, yang diselenggarakan setiap Selasa dan Kamis pada Juli 2022. Contohnya seperti pada, Selasa (19/7) pagi, terdapat 30-an warga yang mengikuti skrining mata dan katarak di Puskesmas jagir. Disediakan sekitar 50 kuota layanan skrining pada setiap hari pelayanannya.
Wawali Surabaya Armuji saat mengunjungi Puskesmas Jagir yang memberikan layanan screening mata dan katarak.
Wakil Wali Kota Armuji mengunjungi puskesmas yang juga memiliki bangunan cagar budaya tersebut. Setelah berkeliling melihat layanan di Poli Umum, Poli Anak dan Vaksinasi Booster orang nomor dua di Kota Pahlawan itu menghampiri pelayanan skrining mata. “Saya berharap agar inovasi di tingkat fasilitas kesehatan pertama atau puskesmas dapat disesuaikan dengan kebutuhan masyarakat pada umumnya, kalau di wilayah Jagir sini kita lihat ada skrining katarak,” kata Armuji.
Dirinya juga menyebutkan, setelah dilakukan skrining apabila perlu diambil tindakan operasi maka puskesmas selaku fasilitas keheatan pertama nanti bisa merujuk ke Klinik maupun Rumah Sakit yang bekerjasama dengan BPJS. “Jadi kita mempercepat alur pelayanannya, kalau perlu diambil tindakan operasi asal ada rujukan dari faskes tingkat pertama maka itu termasuk dalam jaminan kesehatan,” tegas Cak Ji.
Cacake Arek Suroboyo itu juga berharap agar sejumlah Puskesmas, juga harus bisa melakukan identifikasih hingga menjalin kerjasama dengan berbagai pihak yang bertujuan untuk meningkatkan taraf kesehatan masyarakat. “Saya mendorong agar masyarakat juga mampu memanfaatkan program yang di sosialisasikan oleh Puskesmas Jagir,” tandasnya.[iib.ca]

source