TEMPO.CO, Jakarta – Top 3 Tekno Berita Hari Ini dimulai dari topik tentang tim peneliti dari Telkom University Bandung membuat alat sekaligus sistem pengukuran perkembangan anak di bawah usia lima tahun atau balita. Perangkat yang dinamakan e-Growth Chart Monitoring System itu merekam berat dan tinggi balita dalam sekali ukur.
Berita terpopuler selanjutnya tentang Universitas Indonesia (UI) kembali merilis daftar kabupaten atau kota berkelanjutan di Indonesia. “UI GreenMetric sebagai pemeringkatan universitas di bidang keberlanjutan melakukan inovasi serta penyesuaian indikator agar penilaian juga dapat dilakukan kabupaten atau kota di Indonesia melalui UI GreenCityMetric,” ujar Ketua UI GreenMetric Riri Fitri Sari dalam rilis yang diterima Tempo pada Kamis, 21 Juli 2022.
Selain itu, Canalys mengunggah laporan yang meresahkan di pasar ponsel cerdas untuk Q2 2022. Pengiriman antara April dan Juni turun 9 persen YoY setelah permintaan yang lebih lemah, menyusul hambatan ekonomi dan ketidakpastian regional.
Berikut tiga berita terpopuler di kanal Tekno.
1. Tim Peneliti Telkom University Bikin Alat Cegah Balita Stunting
Tim peneliti dari Telkom University Bandung membuat alat sekaligus sistem pengukuran perkembangan anak di bawah usia lima tahun atau balita. Perangkat yang dinamakan e-Growth Chart Monitoring System itu merekam berat dan tinggi balita dalam sekali ukur.
“Otomatis sistem akan memberikan hasil kategori tinggi dan berat badan berdasarkan chart tumbuh kembang bayi dan balita,” kata ketua tim, Husneni Mukhtar, lewat keterangan tertulis, Rabu, 20 Juli 2022.
Ide awal perangkat itu, yang dikembangkan sejak 2020, adalah membantu kader Posyandu ketika mengukur tumbuh kembang bayi dan balita. Pembuatan teknologi tepat guna itu melibatkan lintas bidang keilmuan Teknik Elektro, Instrumentasi Biomedis, serta Desain Industri.
Tim intinya yaitu Husnaeni bersama Dien Rahmawati, dan Willy Anugrah Cahyadi. Mereka  telah membagikan sebanyak 36 unit perangkat alat itu ke 36 desa di Kabupaten Bandung. Sosialisasinya melibatkan dosen dari Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Padjadjaran di bidang kesehatan masyarakat.
2.  UI Rilis Daftar Kota Berkelanjutan Terbaik, Semarang Juara 1
Setelah 12 tahun melaksanakan GreenMetric World University Rankings, tahun ini Universitas Indonesia (UI) kembali merilis daftar kabupaten atau kota berkelanjutan di Indonesia. “UI GreenMetric sebagai pemeringkatan universitas di bidang keberlanjutan melakukan inovasi serta penyesuaian indikator agar penilaian juga dapat dilakukan kabupaten atau kota di Indonesia melalui UI GreenCityMetric,” ujar Ketua UI GreenMetric Riri Fitri Sari dalam rilis yang diterima Tempo pada Kamis, 21 Juli 2022.
UI GreenMetric World University Rankings dihelat dalam acara bertajuk “Pengumuman dan Pemberian Anugerah UI Greencitymetric Rankings 2022” yang diadakan pada Kamis, 21 Juli 2022 secara hybrid di Balai Sidang Universitas Indonesia, Kampus UI Depok.
Riri menyampaikan bahwa pemeringkatan kota/kabupaten pertama di Indonesia ini dilandasi atas tiga pilar, yakni lingkungan hidup, ekonomi, dan sosial dengan bobot indikator penilaian yang terdiri atas penataan ruang dan infrastruktur (16 persen), energi dan perubahan iklim (19 persen), tata kelola sampah dan limbah (19 persen), tata kelola air (15 persen), akses dan mobilitas (16 persen), tatapamong/governance (15 persen).
“Adanya UI GreenCityMetric ini menjadi platform untuk melihat isu-isu keberlanjutan yang ada di kota/kabupaten di Indonesia. Diharapkan pula isu-isu keberlanjutan ini menjadi isu nyata yang dapat diperhatikan oleh pemerintah daerah dan pusat di Indonesia,” ujar Guru Besar Fakultas Teknik UI dengan kepakaran teknologi informasi atau komputer.
3. Penjualan Ponsel Turun 9 Persen di Kuartal 2, Samsung Tetap Teratas
Canalys mengunggah laporan yang meresahkan di pasar ponsel cerdas untuk Q2 2022. Pengiriman antara April dan Juni turun 9 persen YoY setelah permintaan yang lebih lemah, menyusul hambatan ekonomi dan ketidakpastian regional.
Samsung tetap menjadi produsen teratas di Q2, sementara Apple merebut kembali tempat kedua dari Xiaomi setelah penjualan iPhone 13 yang kuat, sementara para produsen Cina berjuang di dalam negeri.
Menurut Runar Bjørhovde, Analis Riset di Canalys, sebagaimana dikutip GSM Arena, 19 Juli 2022, perusahaan menghadapi permintaan yang lesu, yang menyebabkan mereka harus memikirkan kembali strategi triwulanannya. Inflasi yang melonjak dan tumpukan persediaan mengakibatkan produsen menilai kembali portofolio mereka untuk sisa tahun 2022. Simak Top 3 Tekno Berita Hari Ini lainnya di Tempo.co.
Baca:
Top 3 Tekno Berita Hari Ini: BPK Temukan Kelebihan Gaji di BPPT, Intel
Margaret Aliyatul Maimunah atau Aliya terpilih sebagai Ketua Umum Fatayat NU periode 2022 – 2027. Ini profilnya.
Fasilitas smart clasroom itu disiapkan Fakultas Teknik UI untuk menyambut mahasiswa baru secara hybrid.
OPPO A57 hadir membawa berbagai peningkatan perangkat keras dan fitur.
Universitas Indonesia (UI) kembali merilis daftar kabupaten atau kota berkelanjutan di Indonesia. Pertama di Indonesia.
Samsung tetap menjadi produsen ponsel teratas di Q2, sementara Apple merebut kembali tempat kedua dari Xiaomi.
Penjualan ponsel 5G pada akhir kuartal dua 2022 memberikan kontribusi sebesar 9,3 persen dari total penjualan ponsel setiap bulan.
Telkom University telah membagikan 36 alat dan sistem ini ke 36 desa di Kabupaten Bandung.
Samsung Galaxy Z Fold4 dan Galaxy Z Flip4 akan hampir identik dengan pendahulunya.
Salah satu cara tingkatkan H-index peneliti dengan menjadi kolaborator penelitian.
Samsung Galaxy Z Flip4 akan mendapatkan Edisi Bespoke di mana pelanggan dapat menyesuaikan warna setiap panel di ponsel.

source