RADARDEPOK.COM – MoU bersama UPTD Puskesmas Bojongsari dengan Bidan Praktek Mandiri (BPM) sosialisasikan kegiatan perihal Bulan Imunisasi Anak Nasional (BIAN) dari beberapa jenis vaksin yang ada guna menurunkan Angka Kematian Ibu (AKI) dan Angka Kematian Bayi (AKB), sosialisasi ini dilaksanakan di BPM Bidan Dede Fitriyani, Jalan Raya Curug, RT2/5, Kelurahan Curug, Kecamatan Bojongsari.
Ketua IBI Bojongsari, Bidan Purwiyanti mengatakan, agenda yang dilakukan ini untuk membahas tentang BIAN yang terdiri dari beberapa vaksin untuk anak dari usia 0-15 tahun.
“Agendanya terdiri dari vaksin campak, rubella, hepatitis, polio, dan lain sebagainya, yang diberikan kepada anak dalam usia 0-15 tahun,” ucapnya Kepada Radar Depok, Rabu (6/7).
Purwiyanti mengatakan, upaya ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas pelayanan kesehatan kepada masyarakat, dan setrategi untuk menurunkan AKI dan AKB, serta melindungi anak-anak dari penyakit yang dapat dicegah.
“Selanjutnya tujuan kami untuk meningkatkan cakupan imunisasi dasar lengkap pada anak, hal ini dilakukan karena saat pandemi Covid-19 terjadi penurunan cakupan imunisasi dasar yang lengkap,” jelasnya.
Pada intinya, Purwiyanti menjelaskan, tujuan utama nya adalah untuk menurunkan AKI dan AKB yang ada di wilayah Bojongsari, dan dirinya mengimbau untuk masyarakat bisa membuat pelaporan terkait penyakit yang tidak menular, dan pencatatan kasus penyakit lainnya.
Sementara, Kepala UPTD Puskesmas Bojongsari, Frovira Brilyandini menyampaikan, praktek bidan swasta juga harus menampung keluhan masyarakat guna mencegah hal yang tidak diinginkan.
“Terutama kesehatan anak-anak usia dini yang harus selalu dipantau kesehatannya,” ucapnya.
Frovira juga mengatakan, monitoring kesehatan kepada masyarakat harus rutin dilaksanakan demi kepentingan mereka sendiri.
“Pengecekan masyarakat itu penting, apalagi jika ada gejala penyakit-penyakit yang berbahaya, intinya kami semua menginginkan masyarakat semua sehat,” tutupnya. (ama)
Jurnalis : Aldy Rama
Editor : Ricky Juliansyah

source