Klaten – Pos Pelayanan Terpadu (Posyandu) remaja Desa Jeblog bertajuk “Aksi Bergizi Remaja Putri” yang diprakarsai Puskesmas Karanganom bidang Kesehatan Reproduksi Remaja dan didukung oleh pemerintah Desa Jeblog telah terlaksana pada hari Jumat, 22 Juli 2022 pukul 13.00-16.00 WIB di Taman Latar Ombo Nglorog Rejo Desa Jeblog, Karanganom, Klaten.
Acara yang menyasar remaja putri  ini memiliki tujuan menurunkan angka stunting yang masih tinggi di wilayah kecamatan Karanganom. Selain itu, tujuan posyandu ini untuk memantau kesehatan remaja secara berkala, dan mengedukasi remaja hidup sehat. Di awal kegiatan, peserta diperiksa kesehatannya meliputi penimbangan berat badan, pengukuran tinggi badan, lingkar lengan atas (LiLA), tekanan darah, kadar hemoglobin, dan pembagian vitamin tambah darah. 
Aksi ini diikuti oleh 30 remaja putri  usia 11-19 tahun yang berasal dari beberapa dukuh di desa Jeblog yang dikepalai oleh Henry Prakoso. Dalam sambutannya, Henry menyampaikan rasa syukur karena bisa menghadirkan remaja putri yang akan dipantau kesehatannya oleh pihak puskesmas dan akan mendapat tausiyah dari pihak KUA Karanganom.
Kepala KUA Kecamatan Karanganom, Muslih mengajak remaja putri yang muslim untuk mencari jati dirinya sesuai dengan Islam sebagaimana tausiyahnya yang bertema Remaja Bahagia dengan Islam. Remaja putri harus berhati-hati dalam bergaul karena pengaruh gudget dan lingkungan yang tidak baik karena bisa menjadi salah gaul.
“Pihak berwajib pun punya peran untuk menertibkan tempat wisata agar tidak menyediakan kamar-kamar yang digunakan untuk pergaulan bebas. Demikian juga harus ada upaya pembatasan situs-situs porno agar tidak bisa diakses remaja serta peran orang tua mengontrol gudget putra-putrinya,” imbuh Muslih dalam paparan tausiyahnya.
Plt. Camat Karanganom, Wahyu Adhy,  dalam motivasinya  kepada para peserta bahwa  remaja putri yang hadir ini masih dalam taraf belajar untuk meraih cita-cita. “Dan di acara ini harapannya remaja putri di Jeblog nanti bisa mendapatkan bekal untuk masa depan yang disampaikan dari pihak KUA dan puskesmas Karanganom, “ jelas Wahyu.
Acara ini dikemas dengan apik dan menarik yaitu dengan permainan sehingga peserta mudah menerima. Terutama materi yang disampaikan dari tim puskesmas Karanganom (bidan Sri Hargiyanti, bikor Pipit Sri Handayani, dan BuDevy) berkaitan dengan anemia, isi piringku, dan bahan pengganti pangan. Peserta pun antusias mengikuti acara tersebut. Ada doorprice yang disediakan bagi peserta yang disediakan oleh mahasiswa UNS yang sedang melakukan Kuliah Kerja Nyata (KKN) di Desa Jeblog.
Ara, salah seorang peserta menyatakan senang ikut acara ini. “Bisa menambah ilmu pengetahuan dan lebih banyak teman,” ungkap Ara yang masih duduk di kelas 6 SD Negeri Jeblog. Ananda, peserta lain yang kuliah di Poltekes Surakarta merasakan hal yang sama. Dia berharap acara seperti ini terus berlanjut sehingga bisa dirasakan remaja putri yang lain.
Untuk menyemarakkan acara, ada aksi minum jamu milenial secara bersama-sama. Jamu milenial ini  merupakan kerja sama  UMKM Desa Jeblog dengan Poltekkes Surakarta. D’Jamu diharapkan menjadi andalan dan akan memasyarakat di Desa Jeblog dan sekitarnya.(mh_aj/Sua)

source