Kamis, 28 Juli 2022 bertempat di Hotel Santika, Walikota Malang Bersama Kepala Dinas Kota Malang mencanangkan pelaksanaan BIAN atau Bulan Imunisasi Anak Nasional. Kegiatan tersebut dihadiri oleh ketua TP PKK Kota Malang, ketua IDAI Kota Malang, Koordinator kader se-Kota Malang, TPPKK tingkat kota, … Sebagai bentuk pencanangan BIAN  dilakukan penyuntika vaksim MR kepada 18 balita perwakilan dari posyandu.
Seperti diketahui, BIAN di Kota Malang akan mulai dilaksanakan pada tanggal 1 – 16 Agustus 2022 di seluruh posyandu dan puskesmas. Kegiatan ini tidak hanya melibatkan tenaga kesehatan puskesmas saja, melainkan juga melibatkan tenaga kesehatan dari klinik atau rumah sakit yang ada di Kota Malang. Jadwal pelaksanaan sudah ditentukan untuk setiap wilayah posyandu, sehingga dihimbau ibu mengajak balita ke posyandu untuk mendapatkan imunisasi ini sesuai dengan jadwal yang telah ditentukan.
BIAN sebenarnya terdiri dari 2 kegiatan yaitu imunisasi kejar untuk melengkapi imunisasi yang jadwalnya terlewat (OPV, IPV, DPT-HB-Hib) dan imunisasi tambahan campak rubella (MR). BIAN bertujuan untuk mengejar cakupan imunisasi rutin yang menurun di masa pandemic covid-19. Selain itu, BIAN juga bertujuan untuk reaktivasi posyandu di setiap kabupaten/kota. Sehingga pelaksanaan BIAN diutamakan dan difokuskan di posyandu, karena program imunisasi merupakan salah satu program kesehatan di posyandu.
Dinas Kesehatan Kota Malang.
Jl. Simpang LA Sucipto 45 Malang 65124
Telp : 0341-406878
Fax : 0341-406879
Email : dinkes@malangkota.go.id

source