GE (NYSE:GE)  mengumumkan nama-nama brand perusahaan masa depan yang akan didirikannya melalui rencana pemisahan perusahaan menjadi tiga perusahaan publik yang beroperasi secara global, dan memiliki rating investment-grade, yang fokus pada sektor layanan kesehatan, energi, dan penerbangan yang tumbuh pesat.
GE HealthCare akan menjadi nama untuk bisnis layanan kesehatan GE. Portofolio bisnis energi GE yang ada saat ini, termasuk Renewable Energy, Power, Digital, dan Energy Financial Services akan bernaung di bawah satu brand yakni GE Vernova. GE Aerospace akan menjadi nama untuk bisnis penerbangan GE. Ketiga perusahaan akan mendapatkan benefit dari warisan sejarah dan brand global GE yang memiliki nilai hampir US$ 20 miliar itu.
Selain itu, GE juga mengumumkan bahwa setelah rencana spin-off tersebut rampung, saham GE HealthCare akan diperdagangkan di The Nasdaq Global Select Market dengan kode GEHC. Dengan diperdagangkan di Nasdaq, GE HealthCare akan mendapat manfaat dari profil dan rekam jejak bursa itu sebagai pasar bagi perusahaan publik yang inovatif dan berbasis teknologi, khususnya di sektor kesehatan.
“Hari ini menandai sebuah tonggak sejarah penting dalam rencana GE untuk menjadi tiga perusahaan independen yang sangat fokus pada bisnis masing-masing. Berkat brand global GE yang bernilai multi-miliar-dolar, kami memiliki keunggulan kompetitif di pasar, sehingga ketiga perusahaan ini menjadi bisa sukses di masa depan. Dibangun dengan fondasi yang sehat dan inovatif, perusahaan-perusahaan ini akan melanjutkan misi kami untuk membangun dunia yang bekerja dan mengingatkan pelanggan kami mengenai kekuatan yang mereka hargai dari GE,” ujar 
Chairman dan CEO, GE, dan CEO, GE Aerospace H. Lawrence Culp, Jr., dalam keterangan tertulisnya, (18/7/2022).
GE akan melakukan spin-off bebas pajak GE HealthCare pada awal 2023, dan menjadi perusahaan independen yang mendorong inovasi dalam bidang kesehatan yang presisi untuk meningkatkan hasil bagi pasien dan menjawab berbagai tantangan penting yang dihadapi pasien dan klinik/rumah sakit.
Perusahaan akan terus berada di garda terdepan sebagai provider dan perawatan pasien dengan lebih dari empat juta produk yang terpasang dan lebih dari dua miliar pemeriksaan pasien dalam setahun.
Awal tahun 2024, GE berencana mengeksekusi spin-off bebas pajak untuk GE Vernova, portofolio bisnis energi GE, yang bersama-sama dengan pelanggannya menghasilkan sepertiga dari listrik dunia dan fokus untuk mempercepat jalur menuju energi yang andal, terjangkau, dan berkelanjutan. Dengan instalasi terpasang lebih dari 7.000 turbin gas, dan peralatan energi terbarukan yang menghasilkan daya 400 GW, monogram GE Vernova akan menjadi pengingat mengenai komitmen perusahaan untuk senantiasa menyediakan kualitas, kemitraan, dan kecerdasan bagi para pelanggannya.
Menyusul rencana-rencana spin-off tadi, GE akan fokus pada industri penerbangan melalui GE Aerospace. Dengan basis terpasang berupa 39.400 mesin pesawat komersial dan 26.200 mesin pesawat militer, perusahaan akan terus memainkan peran penting dalam mendukung industri melalui pemulihan yang bersejarah, sembari membentuk masa depan industri penerbangan. Setelah rencana pemisahan itu, GE Aerospace akan mendapatkan merek dagang GE dan memberikan lisensi jangka panjang kepada perusahaan-perusahaan lainnya. 
Chief Marketing Officer GE, Linda Boff, mengatakan “Selama enam bulan terakhir, kami terlibat dalam proses menyeluruh yang didorong oleh pelanggan untuk memahami nilai intrinsik brand GE bagi perusahaan-perusahaan masa depan yang kami rencanakan. Berdasarkan data dan analisa terhadap ribuan percakapan, jelas sekali bahwa nama GE dan Monogram kami yang sudah berusia seabad lebih mewakili warisan inovasi, simbol kepercayaan pelanggan global, kebanggaan bagi tim kami, dan magnet bagi talenta pemimpin masa depan. Kami bangga bisnis masa depan ini akan dibangun dengan DNA inovasi GE.”
Penulis: Sufri Yuliardi
Editor: Sufri Yuliardi
Tag Terkait:
Bagikan Artikel:

source