Ambon, Tribun-Maluku.com : Bupati Maluku Tenggara, Muhamad Thaher Hanubun dipercayakan sebagai salah satu pembicara pada acara Webinar Nasional di Medan Rabu (6/7/2022) yang dilaksanakan oleh BKKBN, menyongsong puncak Hari Keluarga Nasional (Harganas) ke 29 tahun 2022 yang dipusatkan di Medan Provinsi Sumatera Utara tanggal 7 Juli 2022 besok.
Alasan Bupati Hanubun dipercayakan sebagai salah satu pembicara pada Webinar Nasional karena memiliki inovasi yang baik dalam percepatan penurunan stunting di daerah itu.
Beberapa diantara sekian banyak inovasi yang digagas Bupati Maluku Tenggara M. Thaher Hanubun antara lain: Telah menerbitkan SK Kepala Desa tentang Penunjukan KPM, Kader Posyandu, dan Kader PPKBD dan Sub-PPKBD;
Menganggarkan Operasional Kader berdasarkan Surat Keputusan Bupati Nomor 226 Tahun 2019, dimana setiap kader mendapat insentif sebesar Rp500 ribu per bulan.
Kabupaten Maluku Tenggara menerima piagam penghargaan Peringkat Terbaik Pertama dalam pelaksanaan 8 Aksi Konvergensi untuk Aksi 1-4 serta sebagai Kabupaten dengan Inovasi Terbaik pada tahun 2020;
Sebagai Peringkat Terbaik Pertama untuk pelaksaan Aksi 5-8 yang dilaksanakan pada tahun 2021 dalam penilaian kinerja aksi konvergensi percepatan penurunan stunting yang diselenggarakan di Provinsi Maluku.
Selain itu, kondisi Stunting di Maluku Tenggara mengalami penurunan signifikan yaitu dari angka 30.01 di tahun 2018 turun menjadi 18.56 pada April 2022 (Triwulan I).
Kabupaten Maluku Tenggara memiliki prevalensi Stunting berdasarkan data Survei Status Gizi Indonesia (SSGI) 21,60 persen dan Data Web Monitoring 21,00 persen pada Juni 2021.
Hal ini menunjukkan bahwa perbandingan data antara SSGI dan Web Monitoring terdapat deviasi sebesar 0,60 paling kecil dari 11 Kabupaten Kota di Provinsi Maluku.
Kepala Perwakilan BKKBN Provinsi Maluku, Sarles Brabar, SE. M.Si yang dikonfirmasi melalui telepon selulernya di Medan Rabu (6/7/2022) mengatakan, Bupati Maluku Tenggara memang terpilih sebagai pembicara perkembangan stunting nasional mewakili wilayah Timur Indonesia.
Menurut Brabar, masalah stunting di Provinsi Maluku mengalami perkembangan penurunan sejak tiga tahun lalu. Ini juga sebagai bahan referensi secara nasional maka dipilih salah satu Kabupaten sebagai pembicara nasional yaitu Bupati Maluku Tenggara, Muhamad Thaher Hanubun.
Bertepatan dengan Hari Keluarga Nasional tahun 2022 maka Bupati Maluku Tenggara diusulkan oleh Perwakilan BKKBN Prov. Maluku sebagai penerima penghargaan tertinggi di program Bangga Kencana yaitu Manggala Karya Kencana (MKK).
Mantan Kaper BKKBN Provinsi Papua itu melihat materi yang disampaikan Bupati Hanubun dalam Wenibar Nasional, secara keseluruhan menggambarkan situasional kondisi Maluku sebagai daerah kepulauan yang tentu membutuhkan kerja keras serta intervensi dari semua pihak.
“Sehingga hasil yang akan kita lihat pada tiga tahun kedepan yaitu Maluku bisa wujudkan target penurunan stunting secara nasional yaitu turun menjadi 14 persen,” harap Brabar.






Ketik diatas dan tekan Enter untuk mencari. tekanEsc untuk membatalkan.

source