INFO BISNIS – BPJS Kesehatan kembali menggelar kompetisi Hackathon 2022. Kegiatan ini untuk mendorong masyarakat menciptakan inovasi di bidang teknologi informasi yang bisa dimanfaatkan untuk meningkatkan sistem pengelolaan data.
Berbeda dari tahun sebelumnya, kompetisi yang digelar dengan berfokus kepada health insurance, kini berganti nama menjadi Healthkathon 2022 dengan tema “Collaboration for Stronger, Faster and Better Innovation”.
Direktur Teknologi Informasi BPJS Kesehatan, Edwin Aristiawan, menjelaskan BPJS Kesehatan dituntut untuk menghadirkan berbagai inovasi di bidang teknologi untuk menjaga penyelenggaraan Program JKN agar tetap menjadi andalan bagi masyarakat Indonesia. Hal ini didasari oleh jumlah data yang dimiliki BPJS Kesehatan yang terus meningkat serta tuntutan stakeholder untuk peningkatan mutu layanan.
“BPJS Kesehatan saat ini mengelola data yang sangat besar dan sistem informasi yang dikembangkan cukup kompleks dan unik, sehingga dibutuhkan sistem teknologi informasi yang kuat agar pengelolaan data di BPJS Kesehatan semakin baik. Maka dari itu, BPJS Kesehatan secara rutin membuka wadah bagi masyarakat yang memiliki kreatifitas yang tinggi untuk berpartisipasi dalam kegiatan BPJS Kesehatan Healthkathon 2022 ini dengan harapan bisa menciptakan ide-ide cemerlang dan menjadi solusi untuk peningkatan pengelolaan sistem di BPJS Kesehatan,” tutur Edwin saat membuka kegiatan Webinar Opening Healthkathon 2022, Jumat, 29 Juli 2022.
Kompetisi BPJS Kesehaan Healthkathon 2022 terdiri 4 kategori dan terbuka untuk peserta umum dan mahasiswa. Adapun kategori yang dilombakan yaitu Penetration Testing Profesional (Pentest Pro) untuk cyber security yang dapat diikuti oleh peserta umum, sedangkan Penetration Testing Student (Pentest Student), Innovation System, dan Machine Learning bisa diikuti oleh mahasiswa.
Seleksi diadakan secara roadshow di beberapa wilayah, yaitu Wilayah Barat (Sumatera, Kalimantan), Wilayah Tengah (Jawa, Banten), Wilayah Timur (Bali dan Nusa Tenggara, Sulawesi, Maluku hingga Papua).
“Harapan kami, kegiatan BPJS Kesehatan Healthkathon 2022 bisa menampung ide dan inovasi yang dapat dikembangkan dan diimplementasikan untuk peningkatan mutu layanan Program JKN, serta peningkatan efektivitas dan efisiensi agar Program JKN tetap dapat sustain dengan melibatkan masyarakat umum praktisi IT, serta mahasiswa yang memiliki bakat dalam bidang teknologi informasi,” kata Edwin.
Bagi yang ingin berpartisipasi dalam kompetisi ini dapat mengunggah ide kreatifnya mulai tanggal 29 Juli 2022 sampai 27 Agustus 2022. Untuk informasi persyaratan pendaftaran, calon peserta dapat mengakses melalui akun resmi media sosial BPJS Kesehatan.
BPJS Kesehatan Healthkathon 2022 juga menghadirkan kegiatan webinar secara online yang diselenggarakan pada 29 Juli yang dapat diikuti oleh seluruh masyarakat Indonesia. (*)
Penghargaan UHC diserahkan BPJS Kesehatan untuk wilayah yang lebih dari 95 persen penduduknya menjadi peserta JKN.
Zyrex menargetkan dapat memenuhi kebutuhan laptop nasional bernilai sekitar Rp 900 miliar.
Sejumlah tokoh dan pengamat membahas tentang tata kelola JKN terkait kepesertaan, kolektibilitas iuran peserta, hingga akses layanan kesehatan.
INISIATIF akronim untuk Integritas, Kolaborasi, Pelayanan Prima dan Inovatif.
SSI memungkinkan Pemerintah Daerah untuk membantu pembiayaan iuran peserta mandiri dengan alokasi yang disesuaikan dengan kemampuan finansial daerah.
Transformasi digital berlangsung sangat pesat. Pentingnya generasi Z adaptasi teknologi informasi untuk kembangkan karier.
BPJS Kesehatan telah menorehkan berbagai capaian dan prestasi yang diakui di tingkat nasional maupun internasional.
Program JKN-KIS adalah program strategis pemerintah yang melibatkan peran berbagai pemangku kepentingan.
Jokowi telah menandatangani Inpres Nomor 5 Tahun 2022 di antaranya mengatur persalinan ibu hamil yang masuk kriteria fakir miskin dibiayai negara.
BPJS Kesehatan telah menjalankan digitalisasi pelayanan kesehatan. Dibutuhkan jaringan internet kuat untuk mendukung.

source