Pontianak, Sonora.ID – Wakil Bupati Mempawah Muhammad Pagi, Selasa (19/07/2022), menghadiri sekaligus memberikan arahan pada pelaksanaan Penilaian Lomba Kesatuan Gerak PKK Bangga Kencana Kesehatan (PHBS dan Posyandu Kampung KB) tingkat Provinsi Tahun 2022. Bertempat di Posyandu Anggur, Desa Galang, Kecamatan Sungai Pinyuh.

Ketua TP PKK Kabupaten Mempawah, Julina menyampaikan bahwa kegiatan yang diselenggarakan merupakan rangkaian dari HKG PKK ke-50.

“Semoga dengan usia emas ini, untuk kedepannya PKK benar-benar gemilang, dapat membantu dan bersinergi dengan pemerintah, dapat membangun desa-desa di setiap kecamatan di Kabupaten Mempawah, sehingga dapat mewujudkan tujuan sesuai dengan visi dan misi bupati dan wakil bupati Mempawah,” tuturnya.

Di tempat yang sama, Muhammad Pagi mengatakan untuk mewujudkan Kabupaten Mempawah yang cerdas, haruslah didorong dengan 3 (tiga) indikator yaitu kesehatan, pendidikan dan infrastruktur.
Baca Juga: Tinjau Pembangunan Rumah Sakit Pratama, Pj Bupati Landak Minta Laksanakan Sesuai Rencana
“Dengan tercapainya 3 indikator yang memiliki kekuatan tersebut, akan meningkatkan pula nilai Indeks Pembangunan Manusia di Kabupaten Mempawah,” ujarnya.

Menurutnya, Pemerintah Kabupaten Mempawah terus melakukan inovasi dan program-program strategis untuk meningkatkan IPM diantaranya di sektor kesehatan. Muhammad Pagi berharap TP PKK Kabupaten Mempawah dapat mengambil peran dalam hal tersebut.

“Oleh karena itu saya berhadap kepada seluruh pengurus Tim Penggerak PKK dari tingkat kabupaten sampai ke tingkat lurah dan desa untuk mengoptimalkan program-program strategis. PKK punya tugas dan tanggung jawab untuk memberikan pembinaan kepada masyarakat diantaranya adalah posyandu, PHBS, Kampung KB dan masih banyak program-program strategis yang tergabung didalam 10 program PKK,” ungkapnya.
Hal lain yang ditekankan Muhammad Pagi adalah penanganan stunting yang merupakan tanggung jawab bersama. “Kalau masih ada stunting di daerah-daerah kita, kita tidak akan bisa mewujudkan Kabupaten Mempawah yang cerdas. Untuk itu, agar angka stunting di wilayah kita semakin kecil haruslah diawali dengan tahapan-tahapan di dalam mempersiapkan membentuk keluarga,” tuturnya.

Ia meminta kepada setiap pihak, baik dari tingkat desa/kelurahan, kecamatan sampai ke tingkat kabupaten untuk saling berkomunikasi, berkoordinasi dan bersinergi dalam upaya menurunkan angka stunting di wilayah Kabupaten Mempawah.

Tak lupa Muhammad Pagi juga berharap Posyandu Anggur Desa Galang dapat menjadi juara, mengukir prestasi serta menjadi yang terbaik sehingga dapat berlanjut ke tingkat nasional.

Turut hadir, Camat Sungai Pinyuh Ibrahim, Camat Anjongan Aswan Ghazali, Camat Sungai Kunyit Efriza, jajaran Forkopimcam Sungai Pinyuh, perwakilan OPD Kabupaten Mempawah serta pihak terkait lainnya.
Baca Juga: Bupati Mempawah Erlina Hadiri Pisah Sambut Komandan Kodim 1201/Mph

source