TEMPO.CO, Jakarta – Direktur Keuangan dan Investasi BPJS Kesehatan Arief Witjaksono Juwono Putro membeberkan soal kinerja aset bersih pada lembaga penyelenggara jaminan kesehatan nasional pada tahun 2021. Pada saat itu, untuk pertama kalinya BPJS Kesehatan mencatatkan surplus.
Arief menyebutkan, surplus BPJS Kesehatan di antaranya adalah berkah dari kondisi pandemi Covid-19 yang telah terjadi sejak awal 2020. “Kondisi ini secara drastis mengurangi angka kunjungan peserta ke fasilitas kesehatan (faskes) atau rumah sakit (RS), karena semua sedang fokus menangani Covid-19,” katanya dalam pemaparan publik, Kamis, 7 Juli 2022. 
Di masa pandemi, kata Arief, juga ada pembatasan sejumlah layanan di rumah sakit atau faskes. “Hanya pasien dengan penyakit kronis saja yang datang bisa ke RS,” tuturnya.
Sepanjang tahun 2021 lalu, aset bersih BPJS Kesehatan mencatat nilai positif Rp 38,76 triliun, disertai kecukupan estimasi pembayaran klaim sampai 5,15 bulan ke depan. Hal ini bertolak belakang dengan kondisi pada tahun 2019 dan 2020 yang masing-masing nilai aset bersihnya minus Rp 51 triliun dan Rp 5,69 triliun.
Selain faktor pandemi, kata Arief, faktor pendorong lain yang membuat aset BPJS Kesehatan positif adalah adanya perbaikan struktural seiring kebijakan penyesuaian iuran oleh pemerintah. Tak hanya itu, keberhasilan strategi perluasan cakupan kepesertaan, serta kesuksesan optimalisasi peningkatan tingkat kolektibilitas iuran peserta turut mendorong presentase pemenuhan pembayaran.
Walhasil, nominal beban jaminan kesehatan bisa ditekan dan kondisinya terus menurun dari Rp 108,46 triliun pada tahun 2019 menjadi Rp 95,51 triliun pada 2020. Adapun pada tahun 2021 lalu, beban jaminan kesehatan turun menjadi Rp 90,33 triliun.

Google Meet dapat diakses dengan mudah lewat smartphone. Berikut cara akses Google Meet lewat ponsel.
Penghargaan UHC diserahkan BPJS Kesehatan untuk wilayah yang lebih dari 95 persen penduduknya menjadi peserta JKN.
BPJS Kesehatan Healthkathon 2022 diharapkan dapat menampung inovasi yang dapat diimplementasikan untuk peningkatan mutu layanan Program JKN.
Paguyuban dalam Aliansi Skuter Listrik Yogyakarta menegaskan mereka siap ditata, bukan dilenyapkan. Omzet bisa Rp 2 juta per hari.
Kondisi ramainya Museum Benteng Vredeburg tahun ajaran baru kali ini sangat kontras dibanding dua tahun lalu saat pandemi Covid-19 masih tinggi .
Karena memang dikeluarkan oleh tenaga kesehatan resmi, maka surat keterangan sehat ini memang membuktikan kesehatan seseorang dalam kondisi baik.
Sejumlah tokoh dan pengamat membahas tentang tata kelola JKN terkait kepesertaan, kolektibilitas iuran peserta, hingga akses layanan kesehatan.
INISIATIF akronim untuk Integritas, Kolaborasi, Pelayanan Prima dan Inovatif.
SSI memungkinkan Pemerintah Daerah untuk membantu pembiayaan iuran peserta mandiri dengan alokasi yang disesuaikan dengan kemampuan finansial daerah.
Cacar monyet dapat ditularkan melalui kontak fisik dengan orang yang terinfeksi, sehingga pemerintah perlu belajar dari pengalaman pandemi Covid-19.

source