Rencana konstruksi kereta api di Makassar masih tetap sesuai dengan perencanaan awal. Usulan untuk rel dibuat melayang dinilai belum memungkinkan.
“Jadi apa yang disampaikan oleh pak Wali (Danny Pomanto) seperti yang pernah disampaikan oleh pak Menteri (Budi Karya Sumadi) sepertinya kondisinya belum memungkinkan (rel melayang),” ungkap Andi Amanna Gappa kepada detikSulsel, Sabtu (25/6/2022).
Menurutnya, bila rel diubah konstrusinya menjadi melayang akan membuat kebutuhan anggaran meningkat berlipat-lipat. Pasalnya jika rel sesuai perencanaan awal di darat hanya butuh Rp 600 miliar. Namun bila diubah menjadi melayang maka butuh dana hingga Rp 1,6 triliun.
“Belum ada memang perubahan mengenai desain itu ke atas (elevated rail) karena harus dipahami anggarannya cukup besar dan sepertinya kita punya keterbatasan ruang fiskal,” tuturnya.
Andi menambahkan khusus untuk proyek jalur prioritas rute Maros-Barru disebutnya sudah hampir tuntas. Progres pengerjaan di Pangkep sudah hampir 95%. Sementara khusus di Maros mencapai 85%.
“Masih on the track. Saya sih berharap target beroperasi tahap pertama bisa berjalan di Oktober. Belum Makassar-Parepare. Baru dari Maros sampai Barru,” jelasnya.
Dia melanjutkan untuk rencana pengoperasian kereta api nanti sudah dalam tahap lelang. Penyedia sarana jasa kereta api termasuk kereta apinya.
“Kalau kita tanya kira-kira model seperti apa, kurang lebih modelnya seperti di Padang, kereta railbus. Dia bukan KRL ya. Kalau KRL itu rel listrik,” pungkas Andi.
Proyek kereta api segmen Makassar sepakat ditunda tahapannya sementara. Ini terjadi lantaran penetapan lokasi dan kepastian desain masih belum ada kepastian.
“Kita semua bersepakat, pak Wali kota juga sepakat. Kita tunda sedikit (kelanjutan terkait KA Makassar). Selanjutnya ini keputusan kembali pada Kementerian Perhubungan (Kemenhub),” ungkap Sekprov Sulsel Abdul Hayat kepada wartawan di Kantor Gubernur Sulsel, Selasa (21/6).
Menurut Hayat penundaan ini karena sejumlah faktor. Masih ada pemilik lahan keberatan dengan jalur kereta api yang direncanakan. Sehingga jalur kereta segmen Makassar memang belum ditetapkan.
“Iya (bermasalah), di empat titik (lahan). Ditambah lagi tadi ada juga arahan Wali kota jadi pertimbangan kuat kita menentukan akan ada rapat lagi,” jelas Hayat.
Rosaline A
Rattling fantastic info can be found on website.Blog monetyze
jznajbzhe
Дэдпул и Росомаха кино https://bit.ly/deadpool-wolverine-trailer-2024
dopylcke
https://bit.ly/krasiviy-seks-video-krasiviy-seks