Penyusunan Anggaran dalam tahapan penginputan rincian belanja di Aplikasi SIPD (Sistem Informasi Pemerintahan Dalam Negeri) merupakan tahapan yang paling krusial karena dalam tahapan ini, kode rekening dipilih dan pada pemilihan kode rekening ini selalu ditemukan kesalahan oleh Tim Auditor. Kesalahan terbesarnya adalah kode rekening yang seharusnya belanja barang dan jasa, malah dipilih belanja modal. Ada beberapa penyebab sehingga kesalahan ini bisa terjadi :

  1. Operator sebagai penginput belum memahami literatur tentang belanja modal dan belanja barang dan jasa.
  2. Bagian perencanaan Dinas Kesehatan tidak cermat dalam melakukan pemeriksaan
  3. Penginputan anggaran masih dilakukan pada 2 (dua) apikasi sehingga potensi kesalahan penginputan sangat besar terutama pada pemilihan kode rekening.

Langkah yang telah ditempuh oleh bagian program dan keuangan adalah :

  • Setiap usulan barang/jasa dan belanja modal di lakukan permintaan secara online melalui aplikasi REQOL (Request Online Aja) sebelum diusulkan ke dalam aplikasi SIPD, dan ini diuji cobakan di seluruh Puskesmas Kota Parepare dan hasilnya penginputan rincian belanja Puskesmas tidak ditemukan kesalahan oleh auditor

Tindak lanjut dari langkah ini adalah akan mendisseminasi Aplikasi Reqol ke unit lain lingkup Dinas Kesehatan Kota Parepare agar kesalahan kode rekening tidak terulang lagi